Saturday, February 9, 2019

Semangat Belajar Tanpa Ada Batas


Semangat Belajar Tanpa Ada  Batas
https://www.islampos.com

Semangat Belajar Tanpa Ada  Batas

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sobat bagaimana kabar Kamu?.sehat ? saya doakan Kamu semua sehat. Nah kali ini Kita akan membahs tentang belajar.

Belajar-Perkembangan teknologi yang kian makin cepat setiap saatnya, yang menuntut Kita selalu mengikuti kemajuannya. Sebab, kehidupan Kita tidak lepas dari teknologi. Terutama bagi para generasi milennial seperti Kita ini. Generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai tahun 2000an ini sangatlah dekat dengan teknologi. Baik yang baru mengenal saat masa remaja sampai yang sudah kenal teknologi saat lahir.

Kemajuan teknologi ini tentu menuntut Kita untuk selalu belajar. Mengikuti perkembangannya. Mengambil sisi positifnya dan menghindari sisi negatifnya. Amalan Kita sebagai seorang Muslim memang di tuntut untuk selalu menimba ilmu. Baik Para Muslimin ataupun Muslimah. Seperti firman Allah dalam surat al-Mujadalah ayat 11:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌyā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīrWahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.
Kecerdasan dan semangat belajar yang tinggi bisa dicontoh dari salah satu istri Rasullah  Aisyah RA. Beliau adalah salah satu dari 5 penghafal hadist shahih selain Abu Hurairah, Ibnu Umar, Anas bin Malik, dan Ibnu Abbas. Sebanyak 2210 hadist dalam kitab shahihain dan sebanyak 174 hadist yang mencapai derajat 'muttafaq 'Alahi ' atau hadist yang telah disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Tentu semua itu tak mudah dihafalnya jika tanpa latihan dan praktik yang menyertainnya.
Namun, selain Aisyah RA yang sudah tidak diragukan lagi lagi kecerdasaannya, adapun sosok Lubna dari Cordoba. Ya, beliau merupakan perempun Muslim yang punya kecerdasan yang tinggi. Beliau hidup di era tahun 931 hingga 961 masehi pada masa pemerintahan Khalifah Abdurrahman III. Pada masa itu, islam sedang berjaya di Spanyol. Bahkan dirinya dijuluki sebagai pejuang buku dari Cordoba.Lubna awalnya lahir sebagai seorang budak perempuan Spanyol. Namun, khalifah Abdurrahman telah membebaskannya karena melihat bakatnya yang istimewa. Beliau pun diangkat sebagai juru tulis, sekertaris, dan ahli matematika. Dan pernah dipercaya sebagai pemimpin perpustakaan Istana Cordoba. Ini adalah sebuah kehormatan yang tidak bisa dimiliki dengan mudah oleh perempuan pada masa itu.
Melihat ketekunannya yang luar biasa dari banyaknya muslimah yang cerdas, tentu tidak ada salahnya Kita menirunya. Apalagi, sebagai generasi millenial yang mudah mengakses segala macam informasi. Tidak ada batasan untuk menuntut ilmu. Baca Juga : Bacaan Doa setelah Adzan dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya [Lengkap] !!!
Baik dari bidang akademis ataupun non non akademis seperti contohnya belajar bahasa arab, belajar membaca al quran, belajar adzan, belajar agama islam dan belajar semua itu  tidak serta merta harus belajar di sekolah ataupun dikelas, belajar bisa diluar kelas Nah salah satu nya Kita bisa belajar di internet. Belajar apaun itu boleh asalkan bisa membawa kemajuan pada peserbaraan agama islam dengan menjadikanya lebih diterima dibanyak kalangan.Hikmah yang bisa dipetik adalah Kita harus senantiasa punya keinginan yang tinggi dalkam belajar. Baik dalam bidang akademik ataupun bidak-bidang yang Kita tekuni. Tentunya yang masih didalam jalur yang benar dan tidak menyimpang dari ajaran Allah SWT. Okey itu saj ayang bisa SobatPercaya sampaikan semoga bermanfaat Sobat Wassalammualikum  Warahmatullahi Wabarakatuh Daftar Pustaka : 
  • Majalah Yatim mandiri edisi januari 2018
  • https://www.islampos.com/wp-content/uploads/2018/01/muslimah-belajar-buku-perpustakaan-.jpg
  • https://litequran.net/al-mujadilah

0 komentar:

Post a Comment