Friday, February 8, 2019

Juz Amma – Arab Latin dan Terjemahan Indonesia Inggris

Dalam sholat wajib yang berjamah khususnya sholat shubuh, maghrib dan isya, jika kamu memperhatikan maka imam akan membaca surat-surat dlaam al quran secara jahr atau keras, berbeda dengan sholat dhuzur dan ashar.
Surat surat yang dibaca oleh imam biasannya surat yang pendek pendek, dalam al quran sendiri terdapat juz yang mempunyai kumpulan surat surat pendek, yaitu juz amma. Juz ke 30 atau juz terakhir dalam al quran seringkali kita jumpai dalam toko buku atau kitab yang berjudul juz amma.
Buku buku tersebut bisanya dijadikan buku pegangan bagi anak anak untuk menghapal al quran, karena dalam surat surat yang terkandung didalamnya mempunyai jumlah ayat yang pendek dan mudah dihafal. silahkan kunjungi channel youtube yang membahas tentang nilai nilai agama

Juz Amma, Juz Terakhir dengan Surat Terbanyak

Juz Amma merdu


Pernah gak kamu menghitung jumlah surat dalam satu juz al quran. Jika pernah maka kamu akan tahu bahwa juz amma merupakan juz yang mempunyai jumlah surat terbanyak didalam al quran. Didalamnya terdapat 37 surat pendek dari surat an naba sampai dengan surat an naas.
Kamu tahu gak arti kata Makkiyah dan Madaniyyah. Kata tersebut merupakan petunjuk dimana diturunkannya surat dalam al quran. Kebanyakan dalam juz amma diturunkan di kota Mekkah makanya disebut surat makkiyah, tetapi ada juga surat yang diturunkan dikota madinah atau termasuk dalam golongan surat madaniyyah.
Surat surat yang termasuk dalam golongan surat makkiyyah yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Kautsar, An-Naas dan lain sebagainya. Sedangkan surat golongan Madaniyyah yatiu surat
Juz Amma atau juz ke-30 merupakan juz dengan jumlah surat terbanyak di Al Quran. Di dalam Juz Amma terdapat 37 surat pendek yaitu diawali dengan surat An-Naba’ kemudian diakhiri oleh surat An-Naas. Sebagian besar surat-surat pendek ini merupakan surat Al-Bayyinah, surat Az-Zalzalah, serta surat An-Nasr.
Pernah gak kamu perhatiin arti dari surat surat yang ada di Juz amma, jika kamu menjumpai surat-surat yang pendek, tatanan kalimatnya indah, enak didengar dan isi suratnya menyentuh serta ayat-ayatnya kuat tak terbantahkan.
Untuk surat golongan madaniyyah sendiri mempunyai ciri khas ayat-ayatnya panjang, ayatnya mendalam dan kokoh karena membahas hukum syariah.
Surat dengan ayat terbanyak dalam juz amma ialah surat an naziat dengan 46 ayat sedankan surat terpendek ialah surat an kautsar dengan 3 ayat. Hukum membaca surat-suratan pendek dalam sholat ialah sunah, pembacaanya setelah membaca surat al fatihah.

Bahasan di dalam Surat-surat Juz Amma 

Juz Amma Merdu

Dari 37 surat yang berada di Juz Amma, surat-suratnya mempunyai pembahasan yang berbeda di setiap suratnya. Seperti dalam surat al ikhlas yang menjelaskan tentang ke Esa-an Allah, perintah untuk berlindung dari manusia dan jin dalam surat an naas, perintah untuk belajar atau membaca dalam surat al alaq.
Ada juga surat yang menjelaskan tentang keadaan suatu kaum seperti surat al kafirun dan peristiwa penaklukan kota mekaah dalam surat An Nashr, dalam al kautsar terdapat perintah untuk sholat dan berkurban, surat ad dhuha yang menjelaskan tentang begitu baiknya Allah kepada kita dan berbagai surat lainnya.

Daftar urutan surat dalam juz amma

§ 78. An-Naba’
§ 79. An-Naazi’aat
§ 80. ‘Abasa
§ 81. At-Takwiir
§ 82. Al-Infithaar
§ 83. Al-Muthaffifin
§ 84. Al-Insyiqaaq
§ 85. Al-Buruuj
§ 86. Ath-Thaariq
§ 87. Al-A’laa
§ 88. Al-Ghaasyiyah
§ 89. Al-Fajr
§ 90. Al-Balad
§ 91. Asy-Syams
§ 92. Al-Lail
§ 93. Adh-Dhuhaa
§ 94. Al-Insyirah (Alam Nasyrah)
§ 95. At-Tiin
§ 96. Al-‘Alaq
§ 97. Al-Qadr
§ 98. Al-Bayyinah
§ 99. Al-Zalzalah
§ 100. AL-‘Adhiyaat
§ 101. Al-Qaari’ah
§ 102. At-Takaatsur
§ 103. Al-‘Ashr
§ 104. Al-Humazah
§ 105. Al-Fiil
§ 106. AL-Quraisy
§ 107. Al-Maa’uun
§ 108. Al-Kautsar
§ 109. Al-Kaafiruun
§ 110. An-Nashr
§ 111. Al-Lahab
§ 112. Al-Ikhlash
§ 113. Al-Falaq
§ 114. An-Naas

Keutamaan Membaca dan Menghafal Juz Amma

juz amma merdu

Banyak keutamaan dalam Menghafal Juz Amma salah satunya perintah untuk mengimani al quran dalam rukun iman ketiga, hal ini menunjukan bahwa untuk meyakini sesuatu kita membutuhkan suatu dasar, dengan menhapal juz amma kita pasti akan mengetahui kandungan didalamnya sehinga kimanan kita pasti akan bertambah.
Beberapa keutaman menhapal al quran atau juz amma yaitu antara lain:
· Sebuah perbuatan yang mulia.
· Akan mendapat syafat kelak di hari kiamat.
· Jika hapal seluruh al quran atau 30 juz maka dapat menolong keluargannya.
· Bagi anak yang hapal al quran maka orang tuanya mendapat mahkota di surga

Sekian pembahasan tentanga juz amma semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Post a Comment