Thursday, December 13, 2018

Pakaian Adat Dayak Kalimantan Beserta Gambar dan Penjelasannya




Contoh Pakaian Adat Dayak Kalimantan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Dayak-lebih terkenal dengan sebutan pakaian suku yang ada di Kalimantan. Indonesia sendiri  memiliki bermacam  suku dan budaya, diantara ialah suku dayak  salah satu yang ada di Kalimantan. 

Sebetulnya  tidak hanya suku dayak saja  Sobat yang ada di Kalimantan ini, tapi masih banyak suku lainnya  seperti suku Paser, Banjar, Tidung. Melayu dan Berau. Namun sering terdengar di telinga Kita ialah suku dayak.

Kenapa beggitu? Karna  suku dayak memiliki keunikan tersendiri yang berhubungan erat dengan pulau borneo atau Kalimantan.
Kata Dayak sendiri  berasal dari kata kenyah yang artinya  hulu sungai atau juga  disebut pedalaman. Jadi Sobat jangan tercengang  jika suku dayak tinggal di daerah  sungai pedalaman kalimantan.
Yang memberi nama  dayak sendiri ialah suku pulau borneo. Namun suku Dayak sendiri dibagi beberapa suku.

Nah, suku yang terbesar dari suku Dayak sendiri berada  di pedalaman Kalimantan. Tiap-tiap  suku memiliki pakaian  adat dayak sendiri-sendiri termasuk  juga Pakaian  Adat Dayak Modern.  Untuk lebih jelasnya mari kita ulas bersama Sobat:

Baju Adat Dayak:

Baju Adat Di Kalimantan Barat

Suku dayak yang terbesar berada di Kalimantan Barat. Di daerah tersebut ternyata 80% penduduknya ialah  suku Dayak.
Berikut ini jenis  Pakian-pakaian  Adat Dayak Kalimantan Barat yang perlu Sobat ketahui
.
King Bibinge



Pakaian suku dayak untuk  wanita ini  di namakan King Bibinge. Pakain ini terbuat dari bahan kulit tanaman kapuo atau ampuro. Tanamna itu di pilih sebagai bahan pakaian karna  memiliki serat yang tinggi. Tanaman itu di ambil kulitnya kemudian diolah dibuat  menjadi baju adat yang bagus yang  dan menawan.

Adapun sepaket  pakaian wanita terdapat tambahan  kain bawahan, stagen, penutup dada. Pada penutup dada ini  sudah dilengkapi dengan pernak pernih dan juga perhiasan yang indah. Seperti halya manik-manik, kalung, bulu burung enggang dan gelang.

King Baba


Pakaian pasangan dari King Bibinge Pakain yang diberi nama King Baba pakaian adat ini  untuk Pakaian Adat Dayak para Laki-Laki. Selain sebutan  king Baba sebutan lain di pulai Kalimantan yang banyak. Untuk penyebutan pakaian  adat King Baba ini diperuntukan untuk suku dayak pria di daerah Kalimantan Barat.

 Pakaian ini terbuat dari tanaman yang diolah lalu kemudian di beri lukisan khas etnik  suku Dayak. Lukisannya menggunakan pewarna alami, apik  cerah dan terlihat indah.

Baju Adat Dayak Laki-laki:

    1.    Baju Upah Nyamu.


Baju adat  ini berasal dari upah nyamu yang di tipis yang digunakan untuk membuat baju dan juga cawat atau ewah. Bajunya dibuat layaknya  seperti rompi, namun terkadang juga terlihat seperti baju tanpa lengan.

    2.    Baju Sangkarut.



Baju ini juga disebut dengan baju Basulau, karna  memag bajunya yang di lapisi oleh Sulau atau sejenis kerang. Baju Sangkarut ini adalah baju perang suku Dayak Ngaju.
Baju ini digunakan oleh ksatria perang  Dayak Ngaju yang berperang melawan Negeri Sawang. Selain itu juga Baju ini di pakai untuk acara pernikahan. Baju Sangkarut ini dibuat dari jenis kerang-kerangan. dan serat nenas  

3.                         3.Baju Pawang.





Baju ini sering  digunakan oleh seorang BASIR atau tokoh agama kaharingan. Baju ini digunakan ketika menyampaikan doa untuk perlindungan  dari roh jahat, hujan dan mengobati orang yang sedang sakit.
Baju ini  sendiri terbuat dari serat kayu tumbuhan yang konon dianggap memiliki kekuatan suprnatural . Pakaian ini dihiasi umbaian-umbaian benang.dan manik-manik.  

4.            Baju Tenunan.



Baju tenunan ini  sendiri terbuat dari serat tanaman seperti layaknya serat nenas, nyamun dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Baju Tenun ini dikenakan untuk berperang. Pada saat ini baju tenunan Dayak kain lamanya  kian punah karna  belum ada yang melestarikannya.

Pakaian Adat Dayak Melegenda:

Nah Sobat kita sudah membahas Sebelumnya mengenai pakain Dayak, namun hanya di Kalimantan bagian Barat sajakan?.kali ini mari Bahas secara luas , tentang Baju Adat Dayak.

Pakaian adat suku Ngaju



Suku Ngaju ialah  penduduk yang menempati wilayah Kalimantan bagian Tengah. Seperti suku-suku di wilayah lainnya, suku Dayak Ngaju ini juga memiliki pakain adat yang diberi namakan dengan Baju Adat Dayak Kalimantan Tengah.

Adapula  pakaian yang dikenakan untuk para laki laki adalah rompi dan sepotong kain penutup pada bagian bawah. Penutupnya sendiri hanya sebatas lutut saja. selain itu juga ada juga ikat kepala yang dihiasi dengan, kalung manik-manik, bulu enggang, ikat pinggang dan juga gelang tangan.

Nah sedangkan  untuk para wanita berupa baju rompi, dengan bawahan (rok), , ikat ponggang, gelang tagan, kalung ikat kepala berhiaskan bulu enggang dan kalung serta dihiasi manik-manik.

Pembuatan pakain adat ini dari kayu siren, ada juga yang terbuat dari kayu nyamu dengan berbagia corak, warna dan dihias. Selain itu juga bahan untuk Baju adatini ada yang berasal  dari serat alam yang disebut sebagai adat kain tenun halus.

Pakaian adat Kalimantan Timur Kustin


Pakain adat dayak kalimantan Timur Kustin digunakan  oleh suku kutai. Biasanya pakaian tersebut dikenakan oleh kalangan masyarakat menengah ke atas untuk acara-acara  resmi separti halnya pernikahan, tetapi pada zaman dahulu.

Perlu diketahui Sobat kustin itu ternyata berasal dari bahasa kutai yang berarti busana/baju. Baju adat ini dibuat dari begah beludru hitam. Lengan bajunya di desain panjang dan kerah sendiri di desain tinggi. Untuk bagian dada sendiri di hiasi dengan pasmen.

Untuk Para laki-laki sendiri  jika mengenakan baju adat kustin di padukan dengan celana panjang yang dipasangi dengan dodot rambu bundar yang berhias lambing wapen.

Sedangkan untuk kaum wanita kustin sendiri  yaitu kelibun kuning yang terbuat dari kain sutra. Lalu untuk hiasan rambutnya serupa dengan sanggul seperti adat Jawa.

Pakaian adat Kalimantan Timur Sapai Sapaq



Pakaian adat ini adalah Baju Adat Dayak Kalimantan timur. Lebih tepatnya yaitu Dayah Kenyah yang merupakan sub suku Dayak mayoritas yang tinggal di provinsi Kalimantan Timur.

Suku ini termasuk suku yang memiliki pakaian adat sangat terkenal  sehingga di beri nama adat ta’a dan sape sapaq.

Untuk para wanita sendiri pakaian adatnya namanya Ta’a. pakaian tersebut terdiri dari da’a, Sobat tau tidak apa itu da’a? Da’a ialah seperti ikat kepala yang terbuat dari pandan, baju atasan bernama inog dan roknya sendiri diberi nama ta’a.

Nah Sedangkan sape sapaq ialah Baju adat untuk para laki-laki. Ada juga perbedannya terletak pada atasannya berbentuk rompi serta celana dalam yang ketat dan juga aksesoris senjata tradisional Kaltim. Senjatanya sendiri  diberi nama Mandau.

Pakaian baju Anyaman Tikar


Pakaian adat ini dihiasi dengan ukiran kayu, tulang dan kerang. Pakain ini termasuk pakaian adat kalimntan tengah. Pada zaman dahulu pakaian ini dikenakan untuk peperangan.

Pakaian adat Miskat



Pemerintah kalimatan timur sendiri  telah menetapkan bahwa salnya  baju Miskat ini sebagai baju PNS kalimantan Timur yang boleh dikenakan  pada hari-hari tertentu.Desain  bajunya seperti baju cina sedangkan atasannya berupa baju kurung. Bawahannya panjang, Lalu pada bagian pinggang dihiasi kain batik.






Nah itulah Sobat beberapa jenis Pakaian Adat Dayak dari kalimatan Barat, Timur sampai  Tengah. Masing-masing dari provinsi tersebut memiliki pakaian adat yang berbeda-beda.

Setiap provinsi juga memiliki suku-suku yang beda. Selain suku di Kalimantan ternyata ada juga sub suku Kalimantan.
Namun yang lebih dikenal adalah suku Dayak karna memangmenjadi pusat perhatian publik.



1 comment: