Monday, January 21, 2019

Sebanyak 773 juta akun E-Mail telah Bocor.. Cek punya Kamu Sobat.. Termasuk atau Tidak..


Sebanyak 773 juta akun E-Mail telah Bocor.. Cek punya Kamu Sobat.. Termasuk atau Tidak..


Sebanyak 773 juta akun E-Mail telah Bocor.. Cek punya Kamu Sobat.. Termasuk atau Tidak.. 



SobatPercaya-Hallo Sobat..... Selamat Pagi,Siang Sore dan Malam, Jika Sobat merasa sangat bosan serta nganggur Sobat bisa membaca sedikt artikel dan berita di SobatPercaya ini.. kali ini Saya akan menginformasikan hal penting untuk Kamu Sobat mengenai 

Sebanyak 773 juta akun E-Mail telah Bocor.. Cek punya Kamu Sobat.. Termasuk atau Tidak.. 

Coba Sobat baca dahulu berita ini terlebih dahulu lalu Sobat bisa mengecek akun e-mail Sobat..

langsung saja simak berita di bawah ini..... 


Bulan pertama pada tahun 2019 belum berakhir, namun sebuah insiden kebocoran data yang besar sudah mencuat. Sebanyak 773 juta unique ID (alamat) e-mail serta 21 juta password telah dicuri dan telah tersebar di internet.




Hal itu telah diungkapkan oleh peneliti keamanan Troy Hunt. Data ratusan juta e-mail tersebut tertampung dalam sekitar 12.000 file dengan ukuran total kapsitas 87 GB yang diupload ke layanan cloud hosting Mega tersebut.




“Kumpulan bocoran data e-mail tersebut berasal dari banyak sumber yang berbeda berbeda,” tulis Hunt dalam sebuah artikel di situs miliknya tersebut . (https://www.troyhunt.com/the-773-million-record-collection-1-data-reach/)








Ribuan file bocoran e-mail tersebut sudah dihapus dari Mega, namun masih bisa ditemukan di sebuah forum hacker populer yang namanya tidak disebutkan oleh Hunt.



Dia telah menyebut ratusan juta e-mail yang bocor sebagai “Collection #1”, sesuai dengan nama root folder yang memuat datanya di forum hacker yang dimaksud.




Salah satu posting terkait dalam forum itu menyebutkan bahwa salnya bocoran data diambil dari “lebih dari 2.000 database serta combo (kombinasi amlamat dan password e-mail) dengan teknik dehash”.


Kebocoran data di atas merupakan salah satu yang terbesar setelah kejadian peretasan Yahoo pada tahun 2013 lalu, yang menimpa hampir tiga miliar akun para Pengguna.


Untungnya, di samping alamat serta password e-mail, dalam insiden kali ini tidak ada informasi yang sensitif yang ikut bocor, contohnya soal kartu kredit.



Cara memeriksa apakah e-mail Sobat termasuk yang dibocorkan
Jika Sobat ingin mengecek akun email Sobat dibocorkan atau tidak..


Hunt sendiri telah mengintegrasikan database ratusan juta e-mail yang bocor tesebut di situs keamanan milik Dia, Have I Been Pwned. Situs tersebut bisa mengecek apakah sebuah akun pernah terdampak oleh insiden kebocoran data tersebut atau tidak.


nah Sobat bisa mengecek di laman website diatas.. silahkan monggo Sobat cek.. akun Kamu bocor atau tidak....





Untuk cara mengeceknya sendiri sangatlah mudah. Cukup Sobat ketikkan alamat e-mail Kamu di kolom utama yang telah tersedia, lalu kemudian klik tombol “pwned?” di sisi kanannya.


Sebanyak 773 juta akun E-Mail telah Bocor.. Cek punya Kamu Sobat.. Termasuk atau Tidak..
contohnya..

Sobat lihat contohnya pada gambar di atas....

Laman situs "Have I Been Pwned" kemudian akan menelusuri database serta memberitahukan kepada Sobat apabila informasi akun tersebut pernah termasuk dalam kebocoran data.




Apabila ada akun yang terdampak kebocoran data tersebut, sebaiknya segera mengganti password dan aktifkan sistem otentikasi two factor authentication untuk meningkatkan keamanannya.


Baca Juga : Kasus 1 Miliar Data "Netizen" Terpapar pada 2018 tahun lalu

Okey Sobat Terima Kasih atas perhatiannya sebelum Saya tutup perlu Saya INGATKAN.... cek akun E-MAIL Kamu Sobat... segera...  


GOOD BYE.. Sobat...






0 komentar:

Post a Comment