Tuesday, October 23, 2018

Pengertian Teks Eksposisi | Contoh, Struktur, Ciri-Ciri Lengkap






Pengertian Teks Eksposisi | Contoh, Struktur, Ciri-Ciri Lengkap 


CONTOH TEKS EKSPOSISI-Hello guys selamat dating di website SobatPensil, nah pada setelah saya menceritakan tentang diri saya. Pada kesempatan post kedua ini saya akan membahas atau mengulas sedikit materi pelajaran smk saya dulu yaitu mengenai contoh teks eksposisi dimana teks ini terdapat penjelasanya,  lebih rinci mengenai teks eksposisi ini.

Memahami berbagai macam jenis-jenis dari teks ekposisi ini memang sangat sekali kita telah  ketahui disaat sedang menulis artikel atau sedang membaca artikel.

Dari bebagai jenis jenis yang kita ketahui  teks eksposisi,  teks ini sangat lah penting untuk para pembaca, yang telah ditulis oleh Penulis yang bertujuan memberikan informasi untuk para pembaca.

Bagian bagian yang dijelaskan ialah mengenai Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan teks eksposisi Jenis Teks Eksposisi, Struktur Teks Eksposisi, Ciri ciri Teks Eksposisi dan Contoh Teks Eksposisi.

Agar mudah untuk memahami dan mengerti, dibawah ini kami akan membahas mengenai berbagai macam contoh teks eksposisi yang bisa kalian pahami, namun sebelum memulai langsung ke pembahasan contoh teks eksposisi, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian teks eksposisi .
Mari langsung saja kita bahas dibawah ini:

 Pengertian Teks Eksposisi






Pengertian Teks Eksposisi sendiri ialah sebuah teks yang berisi tentang  informasi dan pengetahuan yang dimuat  secara singkat dan padat.

Tujuan teks eksposisi 




Tujuan teks eksposisi  untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan para  pembaca, sehingga dengan membaca teks eksposisi ini maka para  pembaca akan mendapatkan pengetahuan/informasi  secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Jenis Teks Eksposisi  



Jenis Teks Eksposisi   di dalam teks eksposisi  jenisnya  ini hanya memuat penjelasan  atau definisi-definisi secara detail mengenai  suatu informasi  tertentu. Jenis teks eksposisi ini pasti Teman teman  sudah sering menjumpainya, karena ada  banyak teks-teks yang hanya menjelaskan pengertian dari suatu hal tertentu.

·         Teks eksposisi pengerjaan


Teks  eksposis jenis ini memuat langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu pekerjaan secara urut dan tersistem . Langkahnya atau tata cara mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dari sesuatu tersebut.

·         Teks eksposisi gambaran


Teks jenis ini berisi  tentang informasi atau topik tertentu dengan menunjukan  gambaran yang singkat namun jelas. Gambaran dalam teks yang dibuat khusus mewakili maksud yang akan disampaikan.

·         Teks eksposisi laporan


Teks jenis ini memuat laporan tentang  suatu topik tertentu. Bertujuan untuk membuat suatu laporan,  dari Laporan tersebut bisa dari hasil penelitian atau hasil wawancara dengan sumber yang bersangkutan.

·         Teks eksposisi perbandingan


Teks ini berisi suatu perbandingan akan suatu hal yang dibandingkan..

·         Teks eksposisi pertentangan


Teks ini berisi tentang suatu pembahasan tertentu yang dipertentangkan  dengan topik lain. Namun, teks yang dipertentangkan tersebut juga masih saling memiliki keterkaitan,


 Struktur Teks Eksposisi 




, Struktur Teks Eksposisi Ada tiga struktur teks eksposisi  ialah sebagai berikut:
  • Pernyataan Pendapat (tesis); bagian teks yang berisikan mengenai pernyataan pendapat (tesis) penulis bisa . disebut juga bagian pembuka.
  • Argumentasi; bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
  • Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration); bagian yang berisi tentang pengulangan penegasan  pendapat penulis.

Ciri ciri Teks Eksposisi adapun ciri ciri teks eksposisi sebgai berikut:


  1. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
  2. Gaya  penyampaian informasi yang mengajak
  3. Biasanya menjawab pertanyaan(5w+1h)  apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana
  4. Berusaha menjelaskan tentang sesuatu
  5. Gaya   bahasa bersifat informatif
  6. Singkat, Padat, Akurat & Jelas
  7. Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  8. Tidak memihak, yang berarti tak memaksakan kemauan penulis pada pembaca
  9. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi
  10. Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega

 

Ada juga Ciri  kebahasaan  teks ekposisi ialah sebagai berikut:

  • Menggunakan pronomina; jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Memakai konjungsi; konjungsi-konjungsi tersebut bertujuan memperkuat argument penulis
  •  Memakai kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus); merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai  subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, kursi, pensil dll

 Contoh Teks Eksposisi.




Contoh Teks Eksposisi.

Fakta Hukum di Indonesia
Tesis:
Semestinya hukum yang ada di Indonesia ini seperti yang telah ditetapkan pada Undang-undang dengan tegas dan jelas sudah menetapkan hukuman bagi setiap pelaku tindakan kriminal.

Walaupun begitu, Kenyataannya sering kali terealisasikan ketidakadilan hukum yang bisa merugikan banyak pihak. Hukum mungkin dapat saja tegas, tetapi berubah sekejap menjadi tumpul pada saat dilaksanakan pada para koruptor nakal , begitulah yang terjadi saat ini di indonesia.

Argumentasi:
Bukan termasuk rahasia yang  umum lagi ketika para koruptor di Indonesia mendapat vonis hukuman dengan levelnya terbilang rendah (tidak berat), dan ternyata juga ada koruptor yang menerima berbagai tunjangan fasilitas mewah, walaupun mereka  sudah dinilai menyebabkan kerugian besar pada negara.

seringkali kita menyaksikan berita tentang seorang pencopet, maling dan penjambret dikeroyok massa sampai meninggal. tetapi, kita tidak  pernah kita mendapati berita para koruptor di Indonesia dihajar masa hingga benar-benar tewas.

Penegasan Ulang:
Bisa dibilang bahwa hukum di Indonesia menjadi tegas ketika ditujukan rakyat kecil. misalnya masalah kasus yang sebelumnya dialami Nenek Asyani.

Kasusnya padahal sekedar disebabkan dituduh mencuri kayu, akhirnya ia menjadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 6 tahun penjara. Terus terang benar-benar ironi dan tidak bijak, ditambah lagi disamakan dengan hukuman yang akan didapatkan oleh para koruptor.


Semoga bermanfaat..
Semangatlah dalam belajar Sobat



0 komentar:

Post a Comment