Sunday, December 16, 2018

Cara Terbaik Untuk Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector dan Penyebab Penyebabnya

Cara Terbaik Untuk Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector dan Penyebab Penyebabnya 




Cara Terbaik Untuk Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector dan Penyebab Penyebabnya



Cara Terbaik Untuk Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector dan Penyebab Penyebabnya -Hello Sobat ? kembali lagi dengan SobatPercaya. kali ini Saya akan sedikit share ilmu Saya di Kampus Kemandirian MEC, karna saya disana Saya ambil jurusan TKJ maka yang share bukanlah tentang kepariwisataan yah Sobat heheh :-D..



Tipe Hardisk Bad Sector


Ada dua tipe dari bad sector, ialah physical(fisik) dan logical(logic).

Physical atau hard bad sector ialah kelompok storage yang ada di hardisk yang rusak secara fisik. Hardisknya mungkin  terkena debu lalu membuat sebagian sectornya menjadi rusak, cairan flash memory SSD mungkin telah mengering, atau hardisk pernah jatuh lalu komponennya rusak. kerusakan inilah yang dapat dilihat oleh mata, ataupun bisa kita kenal kerusakan pada hardwardnya.

Logical atau software bad sector ialah sekelompok storage di hardisk yang bekerja tidak benar/tidak maksimal. Mungkin sistem operasi mencoba untuk membaca data hardisk dari sector ini dan menemukan error correcting code (ECC) yang tidak sesuai dengan konten dari sector yang menandakan  ada sesuatu yang salah pada hardisknya.  sistem operasinya sendiri pun membaca ini sebagai bad sector, 

Penyebab Hardisk Hard Bad Sector

  • Hardisk sudah mulai aus
  • Hardisk yang terlalu panas / overheat
  • Hardisk SSD drop
  • Komputer terkena virus/malware
  • Listriknya tidak stabil
  • Hardware lain yang sudah mulai “tua” dan mempengaruhi kinerja hardisk
  • Hadisk terjatuh atau tergoncang

Penyebab Hardisk Soft Bad Sector


  • Komputer tidak di shutdown/matikan dengan benar
  • Komputer dimatikan secara paksa ataupun mati secara tiba-tiba
  • Hardisk terkena virus/malware


Data Hilang dan Hardisk Failure


Salah satu hal yang paling menakutkan terjadi ialah ketika data kita hilang dan hardisk failure karna bad sector yang telah berkembang, inilah kenapa Sobat harus sering-sering  membuat back up data. Ketika komputer Sobat memperingatkan adanya bad sector, itu akan ditandai dan bad sector akan menjadi masalah yang besar.

Sector tersebut dialihkan, jadi kegiatan membaca dan menulis pada sector tersebut akan dilewati. Jika Sobat memiliki data-data penting di sector itu maka bersiap-siaplah Sobat, Kamu akan kehilangan data tersebut. Beberapa bad sector kecil tidak akan membuat hardisk Sobat failur, tetapi itu  bisa bertambah buruk sehingga membuat hardisk Sobat failure.

Cara yang biasa dilakukan untuk memperbaiki HardDisk yang rusak  ialah dengan membuka komponennya yang ada di dalam komputer atau laptop ataupu bisa juga menyewa teknisi yang sudah handal  dalam bidang tersebut.

Baca Juga:   cara membuat partisi hardisk baru 


Namun jangan kwatir Sobat  saya akan menunjukan beberapa software untuk memperbaiki bad sector SobatPensil ada solusinya. berikut yang dapat kita rangkum :

1. HardDisk Drive Bad Sector Repair
Cara pertama ialah dengan menggunakan aplikasi ini yang nantinya akan bekerja sesuai dengan seri 541DX Maxtor. Proses kerja dari aplikasi ini ialah dengan mendeteksi kesalahan dulu yang ada pada Hard Drive yang rusak. lalu aplikasi ini akan melakukan perbaikan sedemikian rupa sampai HardDisk bisa bekerja kembali  seperti semula sebelum Hardisk tersebut rusak.
 2. HardDisk Drive Low Level Format Tool
Cara kedua ini Sobat harus  mem-backup semua data yang tersimpan di dalam HardDisk tersebut.  mem-backup bertujuan untuk mengamankan file penting  karena aplikasi ini berfungsi untuk menghapus semua data dan mereset HardDisk sehingga kondisi HardDisknya sama persis waktu pertama kali Sobat beli. Hal ini membuat HardDisk Sobat kembali fresh dan kerusakan itu pun akan hilang.  
 3. Software Recovery 
Cara yang terakhir ini merupakan kebalikannya dari cara yang kedua tadi Sobat. Software recovery berfungsi untuk mengembalikan seluruh data pada HardDisk yang hilang, terhapus, terformat, dll.


itulah Sobat bagaimana Cara Terbaik Untuk Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector dan Penyebab Penyebabnya.
semoga bermanfaat
semangatlah dalam belajar  







0 komentar:

Post a Comment