Thursday, February 7, 2019

Pengertian Teknlogi, Sejarah, Jenis- Jenis Teknologi, Manfaat dan Contoh Perkembangan Teknologi Terbaru Lengkap !!!



Pengertian Teknlogi, Sejarah, Jenis- Jenis Teknologi, Manfaat  dan Contoh Perkembang Teknologi Terbaru Lengkap !!!
https://dailysocial.id/


Pengertian Teknlogi, Sejarah, Jenis- Jenis Teknologi, Manfaat  dan Contoh Perkembangan Teknologi Terbaru Lengkap !!!


Pengertian Teknologi adalah berbagai macam keperluan serta sarana yang berbentuk aneka ragam peralatan atau sebuah  sistem yang memiliki fungsi untuk memberikan seuatu kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.
Teknologi sendiri  berasal dari kata technologia darii bahasa Yunani yaitu  techno yang  artinya ‘keahlian’ dan logia yang artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna arti  teknologi terbatas pada benda-benda yang berwujud seperti peralatan-peralatan ataupun sebuah  mesin.
Seiring berjalannya jaman  makna teknologi sendiri mengalami perluasan makna. ia tidak terbatas pada benda yang berwujud saja, melainkan juga benda yang tak berwujud. Contoh misalnya perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lainnya.


Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

·         Teknologi adalah pengembangan serta  penerapan berbagai macam  peralatan atau sebuah sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oelh manusia dalam kehidupan
sehari- hari. (M Maryono)
.
·         Teknologi adalah secara keseluruhan adalah  metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri yang efisiensi dalam setiap kegiatan manusia (Jacques Ellil).

·         Teknologi merupakan  penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara tersistem dan mensistem untuk berguna memecahkan sebuah  masalah (Gary J. Anglin)

.
·         Teknologi didefinisikan sebagai suatu entitas benda atau bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu melalui sebuah proses perbuatan, pemikiran untuk mencapai suatu nilai. (NN)

Kesimpulan

Teknologi adalah sebuah  alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun sebuah gagasan yang dibuat untuk mempermudah kegiatan  manusia dalam kehidupan sehari hari.
Manusia menggunakan teknologi  dalam bidang komunikasi, bisnis, manufaktur, transportasi, pengamanan data, pembelajaran dan lain sebagainya. Definisi teknologi ini sangatlah luas, setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk  memahami maknanya.

Yang jelas, teknologi tidak terbatas hanya pada smartphone, laptop, komputer, pesawat, kereta saja. Peralatan sederhana pun seperti palu, sendok, kursi, botol pun adalah bagian dari teknologi.

Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi adalah perubahan sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Selama beri-ribu tahun yang lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk- bentuknya yang  tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa Kita saat  kini.

1. Masa pra-Sejarah

Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang dipakai terbuat dari batu, perunggu serta besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah ini  contohnya adalah Pedang, kapak dan bejana perunggu.

2. Teknologi Jaman Kuno

Pada masa ini teknologi sudah berkembang ke arah kontruksi, maritim, pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengenal bagaimana cara membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap yang  rumit. Contohnya sendiri adalah  Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari.

3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern

Pada masa ini teknologi yang dipakai  sudah mulai mengalami kemajuan, hal tersebut  ditandai dengan adanya berbagai macam  penemuan, seperti di bidang astronomi, medis, matematika, militer sampai ilmu kartografi. Contohnya ialah  busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.

4. Teknologi era Revolusi Industri
Perkembangan teknologi mulai terlihat semakin telihat jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil diciptakan yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya sendiri adalah Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.


5. Teknologi di Abad 20

Pada masa ini. Neil Amstrong telah  berhasil mendarat dirinya  di bulan. Teknologi dalam bidang lain pun sudah berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti pada masa  sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan untuk umum dan komersil.
Contoh teknologi lain pada Abad 20: Kulkas, Teknologi vaksinasi, vakum, dan  microwave.

6. Perkembangan Teknologi Abad 21



Pada masa ini, berbagai macam  teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, dan lain sebagainya.

Jenis- Jenis Teknologi


Perkembangan dapat dilihat dari aneka ragam  inovasi teknologi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi telah menyentuh berbagai macam sektor, mulai dari :

1.    Teknologi Dalam Bidang Ekonomi


Kemajuan teknologi di bidang ekonomi ini berupa sebuah  perkembangan sistem keuangan yang dipakai. Jika dahulu orang melakukan bertransaksi secara real atau nyata, atau bertatap muka  antara si pembeli dengan si penjual, maka kini beralih menjadi online. Selain itu, sistem keuangannya pun  juga jadi berubah menjadi e-money.

2.    Teknologi Pangan


Sistem pertanian yang ada pada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada jaman dahulu, mulai dari bibir, sistem tanamnya, serta teknik penanamannya.

3.    Teknologi Informasi

Kemajuan informasi ini telah ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan sebuah  informasi yang  melalui jaringan  internet dengan berbagai macam  perangkat teknologi yang telah ada.

4.    Teknologi Komunikasi


Kemajuan komunikasi ini telah ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walaupun dengan jarak yang cukup jauh.

5.    Teknologi Transportasi

Salah satu kemajuan dalam bidang transportasi ini di tandai dengan  adanya berbagai macam alat transportasi yang  modern, yang mempermudah Kita untuk mengangkut barang ataupun bepergian dari suatu tempat ke tempat yang lainnya dengan lebih mudah.

6.    Teknologi Medis

Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini adalah dengan  ditemukannya berbagai macam vaksin yang berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya
.
7.    Teknologi Pendidikan

Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, dengan berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai macam pelajaran yang telah diberikan..

Contoh Teknologi Terbaru di Dunia


Adapun berbagai contoh teknologi yang telah berhasil diciptakan dari mulai teknologi yang sering kita jumpai seperti Komputer, Laptop, Handphone, Mesin-Mesin, Mobil, Motor dan lain serta  juga ada Teknologi yang terbaru yang mungkin belum Kamu kenal sebelumnya, seperti contohnya dibawah ini;
·         Wigig adalah sebuah teknologi yang diproyeksikan menggantikan penggunaan Wifi
·         Matrix Power Watch dengan daya baterai ini  yang bisa dicash dari panas tubuh
·         Invicible Car seperti  Mobil  barnacle man dan boy di kartun spongebob teknologi ini telah dikembangkan  yang dapat mengubah warnanya sesuai lingkungan seperti halnya seekor bunglon.

okey itu saja yang SobatPercaya sampaikan semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa

0 komentar:

Post a Comment