Friday, December 14, 2018

Pakaian Adat Gorontalo Pejelasan Lengkap Berserta Gambar dan Keterangan


Pakaian Adat Gorontalo Pejelasan Lengkap Berserta Gambar dan Keterangan 



Baju adat Gorontalo dan Penjelasannya:
  1. Filosofi Warna Pakaian Adat Gorontalo.
  2. Pakaian Adat Pernikahan Gorontalo.
  3. Pakian adat gorontalo pria.
  4. Pakaian adat gorontalo wanita.
  5. Aksesoris Pakaian Pengantin.
1.1.    Filosofi Warna Pakaian Adat Gorontalo

Pertama mari kita bahas apa sih filosofi warna pakaian adat gorontalo ?
Keunikan sendiri  pakaian adat gorontalo ini  terletak pada jenis warnanya yang mengandung filosofi sendiri . Masing – masing warna memiliki makna dan kegunaan masing – masing. Berikut ini makna warna dalam pakaian  adat gorontalo.
  • Warna merah bermakna keberanian dan tanggung jawab.
  • Warna hijau  bermakna kesuburan, kedamaian, kesejahteraan dan kerukunan.
  • Warna kuning emas bermakna kemuliaan, kejujuran, kesetiaan dan kebesaran.
  • Warna ungu  bermakna kewibawaan dan keanggunan.
  • Warna coklat  bermakna tanah, yang berarti kematian atau kuburan.
  • Warna hitam  bermakna keteguhan dan ketakwaan kepada Tuhan.
  • Warna putih  bermakna kesucian dan kedukaan. 
2.  2.  Pakaian Adat Pernikahan Gorontalo




Nah yang kedua mari kita bahas Baju adat pernikahan  gorontalo bagaimana sih pakaian adat nya? Mari kita ulas bersama Sobat

 Pada saat akad nikah, pakaian adat pengantin pria  dikenal  dengan pakaian adat walimono dan payungga.

Untuk pakaian pengantin wanita yang dikenal dengan sebutan biliu memiliki makna yaitu diangkat. Pakaian adat gorontalo biliu ini dikenakan pada saat pengantin wanita bersanding di  pelaminan atau puade.

Nah Aksesoris yang dikenakan dalam baju pengantin gorontalo wanita hiasan kepala yang dinamai dengan buyalo boute serta konde yang dihiasi dengan sunthi.

Nah Sedangkan aksesoris tambahan pada baju pengantin gorontalo pria dinamai dengan payungga tilambia. Aksesoris itu  menjadi ciri khas pakaian adat gorontalo.

Di dalam adat pernikahan gorontalo, terdapat tradisi yang diberi nama dengan dutu. Tradisi ini sangat lah penting dalam prosesi pernikahan. Dimana sehari sebelum acara pernikahan, pengantin pria akan mengantar harta atau mahar yang serta dengan buah – buahan segar .nah  tiap-tiap buah juga memiliki arti  tersendiri.

Sebagai contoh saja, Buah jeruk memiliki makna sifat rendah diri. Buah nanas mensimbolkan  bahwa salnya  pengantin pria harus bisa menjaga dirinya  sendiri.

 Buah nangka bermakna bahwa salnya pengantin pria harus memiliki sifat menyayangi. Jika  tebu kuning sendiri  memiliki arti bahwa pengantin harus menjadi seseorang yang dicintai, sabar, tabah  dan  teguh serta kuat  dalam pendiriannya.


3.  3.  Pakian adat gorontalo pria



  • Tudung makuta.
Tudung makuta ialah sebuah hiasan kepala yang memiliki bentuk mirip seperti bulu ungas. Tudung makuta merupakan hiasan tutup kepala nah hiasan kepala inilah yang menjadi keunikan tersendiri  baju  adat gorontalo.
 Bentuknya sendiri menjulang tinggi dan terkulai kebelakang . Tudung makuta juga dinamai  dengan sebutan  laapia bantali sibii
.
Hiasan kepala pria melambangkan dari sifat seorang suami yang sesuai dengan adat gorontalo.

Dalam adat gorontalo seorang suami merupakan seorang  pemimpin keluarga. Sehingga  mereka harus memiliki rasa kepemipinan yang tinggi, tegas serta berwibawa. Tidak hanya ras kepemimpinan saja dimiliki, Namun seorang suami juga harus memilki rasa yang lembut dibalik jiwa  kewibawaannya.
  • Bako.

Bako ini adalah  hiasan Kalung pada pakaian adat gorontalo pria. Kalung ini memiliki warna  kuning keemasan. Sedangkan untuk artinya nama bako yang dikenakan pria ini simbol suatu ikatan. Hal ini dimaksudkan  seorang pria yang memilki ikatan pernikahan dengan seorang wanita.
  • Pasimeni

Pasimeni ialah hanya sebuah hiasan tambahan yang terdapat pada baju. Hiasan ini menandakan  keadaan di dalam kehidupan rumah tangga. Sebuah rumah tangga seharusnya memiliki keadaan yang harmonis dan damai serta tidak adanya  suatu perkelahian yang menimbulkan keretakan didalm  rumah tangga tersebut.

Penggunaan dari pakaian adat gorontalo hanya untuk keperluan adat tertentu. Misalnya upacara pernikahan, ritual keagamaan, hingga tradisi adat gorontalo. Terkadang baju adat ini juga dikenakan untuk keperluan pentas seni.

 Pagelaran seni dan budaya adat gorontalo yang sering penggunakan baju adat adalah seri tari daerah. Pertunjukan seni tari daerah biasanya dilakukan oleh anak – anak dengan mengenakan pakaian adat gorontalo anak – anak lengkap dengan aksesorisnya.

1.    4Pakaian adat gorontalo wanita

  • Baya lo boute.

Baya lo boute ialah  merupakan ikat kepala yang dikenakan untuk para  pengantin wanita. Ikat kepala ini memiliki simbol yang berarti  ikatan. Seorang wanita akan memiliki ikatan pernikahan dengan seorang  pria. Serta harus memenuhi suatu kewajiban sebagai seorang istri.
  • Tuhi – tuhi.

Aksesoris kepala ini ialah  gafah yang berjumlah 7 buah. Tuhii – tuhi itu sebagai simbol dari kerajaan yang terdapat di daerah  gorontalo. 7 kerajaan tersebut memiliki  hubungan kekerabatan yang erat tanpa adanya suatu perselisihan apapun. 7 kerajaan ituadalah sebagai berikut, Limboto, Gorontalo, Tuwawa, Hulontalo, Limitu, Bulonga, dan Atingola.
  • Lai – lai

Lai – lai sendiri terletak tepat di ubun – ubun. Aksesoris ini  merupakan aksesoris yang wajib dalam pakaian adat gorontalo. Baik baju adat gorontalo tradisional maupun  pakaian  adat gorontalo modern,aksesoris ini tidak bisa lepas dari pakaian adat gorontalo. Dikarnakan lai – lai sendiri memiliki makna yang cukup mendalam, yaitu budi luhur, kesucian dan keberanian.
  • Buohu walu wawu dehu

Buohu walu wawu dehu ialah sebuah kalung emas atau perak yang berwarna kuning  keemasan. Namun pada baju  adat gorontalo anak, tidak mengenakan  aksesoris ini. Sebab aksesoris ini memiliki makna ikatan keluarga yang akan terjalin antara keluarga pengantin pria dan wanita.
  • Kecubu atau lotidu

Kecubu sendiri  terletak pada dada pengantin wanita. Simbol dari kecubu ini sendiri  ialah kekuatan yang wajib dimiliki seorang istri. Dalam adat gorontalo, seorang wanita harus kuat dalam menghapai kerasnya kehidupan dan berbagai macam rintangan kehidupan.
  • Etango

Etango merupakan sebuah ikat pinggang yang memiliki sebuah  motif serupa dengan  kecubu. Etango menjadi simbol akan kewajiban bagi seorang istri. Salah satunya  kewajiban istri yang paling utama ialah tidak memasak makanan haram dan harus sesuai dengan syariat-syariat  islam. Serta wajib memiliki sifat sederhana dan menerima.
  • Pateda

Aksesoris ini ialah sebuah gelang yang memiliki ukuran cukup lebar dan berwarna kuning  keemasan. Gelang ini memiliki makna sebagai benteng bagi wanita. Seorang wanita harus dapat membentengi dan mengendalikan dirinya sendiri dari perbuatan tercela dan melanggar hukum adat istiadat  maupun hokum pemerintah.
  • Loubu

Aksesoris loubu adalah aksesoris yang digunakan pada jari kelingking dan jari manis. Baik jari tangan kiri  maupun kanan dilengkapi dengan loubu. Makna dari aksesoris ini ialah sebuah ketelitan yang harus diperhatikan seorang wanita dalam mengerjakan kegiatan apapun.

2. 5.  Aksesoris Pakaian Pengantin

Keunikan baju adat gorontalo terletak pada aksesorisnya. Baju adat pria dan wanita memiliki  aksesoris tersendiri. Sedangkan untuk pakaian adat gorontalo anak terkesan lebih simple.
Bahkan pada pakaian adat gorontalo anak saat ini mendapat sentuhan modern. Sehingga membuat anak – anak yang menggunakan baju adat menjadi lebih menggemaskan.:



0 komentar:

Post a Comment