Wednesday, December 19, 2018

9+ CaraMerawat Laptop Yang Baik Agar Laptop Awet



9+ Cara Merawat Laptop Yang Baik Agar Laptop Awet 




Tips Merawat Laptop Yang Baik Agar Laptop Awet - Laptop ialah sebuah barang yang menurut sebagian orang masih mahal. maka dari itu, Laptop harus dijaga dengan baik. Selain itu, laptop juga kadang dianggap sebagai nyawa pemiliknya. Karna banyak data-data yang mungkin penting bagi mereka. Karena data itu bisa bernilai jutaan rupiah melebihi harga laptopnya itu sendiri.


Dengan fungsi laptop sendiri yang begitu banyak, maka dari itu Sobat, kita harus tetap menjaga laptop tersebut. Disini Saya akan memberikan pada Sobat bagaimana cara merawat laptop yang baik agar laptop awet buat Sobat. Okey Sobat langsung saja kita ulas bersama-sama.



Tips Merawat Laptop Yang Baik Agar Laptop Awet




  • Cara Mengelap Layar


Cara untuk merawat layar laptop ada caranya sendiri  untuk membersihkan layarnya tidaklah Sembarangan Sobat, gunakanlah Cairan Pembersih Pada Layar tersebut, Pakailah Pembersih Kaca. Semprotkan Pada Kain yang Halus Atau Katun, Lalu Poles Layar Monitor. 

Jangan Menyemprotkan secara Langsung Pada Layar, Karna Bisa Menyebabkan Pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) akan Menjadi Belang. Bersihkanlah Secara Searah, Misalnya Dari Atas Ke Bawah Atau Dari Kiri Ke Kanan, Serta Jangan Menekan Terlalu Keras Sobat.




  • Cara Membersihkan “Keyboard”


Keyboard Laptop sendiri  Gampang Sekali Kotor, Entah Karna Jari Tangan  kita yang Berminyak, Abu Rokok, Remah-Remah Roti, Ataupun Debu. Untuk Cara Membersihkannya, Ambilah Kuas Dan sapukan ke sela-sela tombol  untuk mengeluarkan kotoran, ataupun gunakanlah Vacuum Cleaner Portabel untuk menyedot debu yang ada. 

Bersihkanlah permukaan tombol keyboard dengan kain/kanebo yang dibasahi cairan pembersih kaca. Lebih baik  lagi jika Sobat  gunakanlah proteksi pelindung Keyboard untuk Mencegah Kotoran.




  • Hindari Panas Matahari


Jangan meninggalkan laptop di dalam Mobil yang diparkir  Sobat karna lapotop tersbut bisa terkena paparan sinar matahari. panasnya yang berlebihan di dalam Mobilpun  bisa menyebabkan Kerusakan Komponen-Komponen Laptop.




  • Case Cemerlang


Tangan yang kotor dan berminyak biasanya  salah satu Penyebabnya  Case Tidak Lagi terlihat  Mengkilat. untuk membersihkannya Pakailah Deterjen Non-Zat Alkalin Dicampur dengan  Air. Bisa juga  Dengan Pembersih Multiguna Untuk Piranti Elektroniknya, Yang Biasanya berbentuk  Busa. Semprotkan Pada Kain Lap yang Lembut, Lalu Gosokan  Secara Perlahan-lahan pada Permukaan Case.





  • Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Tempat Tidur


Laptop sendiri Memiliki Sirkulasi Pertukan Udara Diberbagai Bagian Bodan laptop. Sebagian Ada Yang ada di Bagian Bawah. Jika Kita Meletakkan laptop   di  Alas Yang Lembut (Seperti Tempat Tidur, Sofa Dll), Maka Bagian Sirkulasi bagian  Bawah Akan Tersumbat. Tentu Saja Ini Tidak Baik Untuk Kinerja Laptop Ketika Sedang Berjalan Maupun Umur Laptop Sobat.





  • Rawatlah Baterai Laptop Secara Teratur


Jika Sobat memakai laptop untuk waktu yang lama, sebaiknya baterai diisi terlebih dahulu sampai penuh dengan catatan saat sedang diisi tidak dimainkan/digunkan. Kemudian  jika sudah penuh cabut chargerannya lalu gunakan sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udaranya juga, karna ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.





  • Cara Menyimpan Laptop


Jika Sobat Akan Menyimpan Laptop Dalam Waktu Lama, Sebaiknya Lepaskanlah  Baterai Dan Simpan Laptop Dalam Tempat Yang Sejuk Dan Kering, disertai tempat  Bersirkulasi Udara Yang Cukup Baik. Taruh Silikon Gel Untuk Menghindari Jamur.

Jika Sobat  Ingin Menggunakannya Kembali, Charge Baterai Dengan Cara Mengisi Dan Mengosongkan Sepenuhnya Sebanyak Tiga Kali Berturut-Turut.




  • Menghindari Goresan


Jauhkanlah Laptop Sobat dari  Benda-Benda Tajam. Taruh Lapisan Pelindung Di Atas Keyboard Sebelum Sobat Menutup Casenya, Agar Layar Tak Tergores. Apabila Sobat Hendak Bepergian, Masukkan Laptop Pada Wadah/Tas Yang Telah Tersedia.




  • Hindari Medan Magnet


Nah ini lindungilah Laptop dari medan magnet/elektromagnet di sekitar Laptop Kamu Sobat tujuannya Untuk Melindungi Data Yang Ada Di Dalam Hard Disk, Jangan Meletakkan Piranti yang mengandung magnet. karna Piranti-Piranti Penghasil Medan Magnet, Misalnya Spiker Yang Tidak Berpelindung (Unshielded Speaker System) Ataupun Telepon Selular/ ponsel. Jika  Sobat Ingin Mengakses Internet Menggunakan Fasilitas Pada Ponsel, Letakkan Ponsel Dalam Jarak Sekitar 15 Cm Dari Laptop.

itu saja yang SobatPensil sampaikan semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment