Wednesday, December 19, 2018

4+ Tempat Wisata Yang Terkenal dan Instagramable di Aceh, Wajib Sobat Singgahi!


4+ Tempat Wisata Yang Terkenal dan Instagramable di Aceh, Wajib Sobat Singgahi!


Aceh ialah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukota di  Banda Aceh. Aceh terletak di  daerah ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4.500.000 jiwa. Letaknya sendiri yang begitu dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan dipisahkan oleh Laut Andaman. Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.(sumber wikipedia).

 Provinsi yang juga dikenal dengan sebutan Nanggroe Aceh Darussalam ini dikenal sebagai tempat dimulainya penyebaran Islam pertama kali di Indonesia. Karnanya, tak kaget  jika daerah ini juga dikenal dengan sebutan  Serambi Makkah.

Tahukah Sobat, di Aceh  sendiri ada banyak tempat wisata terkenal nan epic serta  keren loh. Dengan spot Instagramable? Bagi Sobat yang ingin menghiasi feed Instagramnya  dengan foto tempat wisata keren, gak akan salah jika Sobat  berkunjung ke Aceh ini!



Tempat Wisata Terkenal di Aceh

Pada tahun 2004 Sempat diterjang tsunami hebat, Aceh kini telah  bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan sangat baik. Bagi Sobat yang berencana untuk berkunjung ke Aceh, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Aceh yang paling terkenal dan wajib Sobat  kunjungi!

1. Masjid Raya Baiturrahman



Masjid Raya Baiturrahman ialah  masjid kuno yang didirikan  pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda. Desain bangunannya  yang megah pasti akan membuatmu sangat berdecak kagum saat melihat masjid tersebut. Ditambah lagi, di halaman depan masjid terdapat sebuah kolam yang mengingatkan pada Taj Mahal yang ada di India.

Selain terkenal karna nilai sejarah dan arsitekturnya yang indah, masjid yang telah menjadi icon Aceh ini juga terkenal karna kejadian tsunami yang menghantam Aceh pada tahun 2004 silam. Ketika itu  semua bangunan di sekitarnya porak poranda akibat tsunami, hanya masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang tetap berdiri kokoh.

2. Museum Tsunami



Museum Tsunami ialah sebuah museum yang didirikan  sebagai monumen simbolis untuk mengenang bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Jika Sobat ingin mengetahui lebih detail mengenai kedahsyatan tsunami ataupun kenangan-kenangan sebelum dan sesudah tsunami 14 tahun yang lalu, mampir saja ke museum yang terletak di Jalan Iskandar Muda No. 3 Kota Banda Aceh tersebut.


Di sana, Sobat akan diajak merasakan betapa kepanikan saat terjadi tsunami lewat lorong sempit dan gelap dengan suara-suara mencengangkan, melihat foto dan nama-nama korban tsunami, sampai berkunjung ke sebuah ruangan yang menjadi simbol solidaritas dari 54 negara yang turut membantu masyarakat Aceh setelah terjadi tsunami.


3. Pantai Kuala Merisi



Pantai ini terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya ini sangat terkenal dengan pasir putihnya yang bersih, air lautnya yang biru jernih, serta ombaknya yang relatif tenang.


Namun sayangnya, lokasi Pantai Kuala Merisi ini lumayan jauh dari pusat kota. Untuk menuju ke pantai ini, Sobst akan memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat dari Pusat Kota Banda Aceh. Namun, lamanya perjalanan tersebut pastinya akan terbayar setelah Sobat sampai di Pantainya dan melihat panorama pantai Kuala Merisi yang mengagumkan karna keindahanya.

4. Bukit Pantan Terong



Bukit Pantan Terong ini terletak di daerah  Kecamatan Bebesan, sekitar 7,5 kilometer dari Kota Takengkon. Berada di ketinggian sekitar 1.850 meter di atas permukaan laut, dari atas bukit ini Sobat bisa menikmati pemandangan Kota Takengkon, lapangan pacuan kuda Belang Bebangka, Danau Laut Air Tawar, dan masih banyak lagi yang indah-indah lainnya. Sayangnya, untuk menuju ke puncaknya, Sobat sebaiknya berhati-hati karna kondisi jalan yang dilewati lumayan terjal.


Nah, itu tadi beberapa tempat wisata Instagramable dan terkenal di Aceh yang tak boleh Sobat lewatkan. 


Semoga artikel ini bermanfaat unutuuk Sobat dan menjadi rekomendasi Sobat untuk berwisata ke Aceh dan bisa menghiasi feed Instagram Sobat.

0 komentar:

Post a Comment