Tuesday, December 18, 2018

7+Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan



7+Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan-Hello Sobat kembali lagi bersama SobatPercaya kali ini Saya akan mengshare beberapa Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan kita langasung mari ulas bersama yukk

Tanaman sirih ini tumbuh merambat pada batang pohon lain yang ada disebelahnya. Pada sebagian masyarakat di Indonesia, daun dan buah sirih biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun, dari hasil penelitian, sendiri terlalu sering mengunyah sirih telah dikaitkan dengan Penyakit Kanker mulut dan pembentukan squamous cellcarcinomayang memiliki sifat malignan.


Daun sirih sangatlah  terkenal dikarenakan  manfaatnya sendiri yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi.
Ini karna  minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol),pati, diatase, seskuiterpen, gula dan zat samak dan kavikol yang dapat mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
Berikut ini manfaat terperinci dari daun sirih Sobat langsung saja kita ulas bersama :
·        
  Menghilangkan bau mulut yang tidak sedap,
caranya sangat mudah rebuslah  beberapa lembar daun sirih hingga mendidih, lalu diamkan sampai hangat, gunakanlah  air rebusan itu  untuk kumur-kumur. Sobat juga bisa langsung mengunyahnya  selembar daun sirih untuk menghilangkan bau mulut.
·         UntukMimisan
Ambilah daun sirih selembar, gulunglah  sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakanlah untuk menyumbat hidung Sobat yang mengeluarkan darah.

·         UntukDiare
Ambilah  4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan secara bersama sampai halus, lalu gosokkan  pada bagian perut. Ulangi terus sampai terasasembuh

·         UntukSakitgigi
Cara Pengobatannya : untuk sakit gigi ini ada 2 cara pengobatan yaitu sebgai berikut:
1.      Daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu diamkam air rebusan itu.Gunakanlah air rebusan itu  untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh
2.      Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, berikan garam secukupnya.
Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak  segelas, lalu aduklah  sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Gunakanlah air tersebut untuk berkumur.
·         UntukAlergi
Cara Pengobatan di bagian luar, di oleskan pada bagian yang terasa gatal
Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1 1/2 sendok minyak kayu putih.
Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk secara bersama samapai halus, lalu gosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
·         UntukBronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan sepotong gula batu.
Caranya, daun sirih dirajang halus, lalu direbus bersama gula batu tersebut, dengan air 2 gelas hingga mendidih samapai tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
·         UntukKeputihan
Ambil 7 – 10 lembar daun sirih.
Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air hingga mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut digunakan  untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.


Oke Sobat, semoga saja artikel ini  ini dapat bermanfaat bagi semuanya.  Semoga bisa menjadi referensi dan wawasan bagi kita semua. Selamat membaca Kegunaan Daun Sirih.
Semangtlah dalam belajar Sobat

0 komentar:

Post a Comment