Thursday, November 1, 2018

Cara Membuat Partisi Hardisk Baru tanpa Software memnggunakan DiskPart (CMD)






Cara Membuat Partisi Hardisk Baru tanpa Software memnggunakan  DiskPart (CMD)


Cara Membuat Partisi Hardisk Baru tanpa Software memnggunakan  DiskPart (CMD)-Hello Sobat bertemu lagi dengan saya SobatPercaya. bagaimana kabar Sobat hari ini saya harap bai baik saja yah??.

Nah kali ini saya akan mengeshare ilmu saya selama saya belajar di kampus kemandirian MEC, yaitu kali ini kita akan Sharing mengenai bagaiman Cara Membuat Partisi Hardisk Baru tanpa Software memnggunakan DiskPart (CMD)?

Langsung saja klita simak diTKJ.... eh TKP Sobat maksud saya :-D...

Untuk membuat partisi dalam Windows,Sobat bisa menggunakan Disk Management. namun selain Disk Management, Sobat bisa juga  menggunakan DiskPart, ialah tool dalam Windows sendiri  yang menggunakan perintah, dengan via  Command Prompt.

Cara Membuat Partisi Hardisk Baru tanpa Software memnggunakan  DiskPart (CMD)  ini caranya sebagai berikut :

1. Pertama yang harus Sobat  lakukan ialah membuka DiskPart. Sobat bisa membuka DiskPart melalui Command Prompt Administrator dengan mengetik perintah diskpart lalu menekan ENTER.  semua windows hampir sama caranya namun yang Saya bahs kali ini ialah di Windows 7.


2. Nah silakan Sobat tunggu, lalu akan muncul jendela CMD 


3..Ketika anda telah berada dalam DiskPart, ketik perintah list disk dan tekan ENTER.



4. Selanjutnya ketik perintah select disk 0 untuk memilih disk yang ingin di-partisi.





5. Nah langkah ke5 untuk tahu daftar partisi dalam Disk Sobat, ketik perintah list partition dan tekan ENTER.  Berikutnya  gunakan perintah select partition # untuk memilih partisi yang ingin di-partisi lagi. Dimana #nomer partisi yang akan dipilih.


6. Step ke-6 untuk membuat partisi, gunakan perintah create. Jika Sobat belum melakukan partisi sebelumnya, maka anda bisa langsung menggunakan perintah create setelah menjalankan select disk.




7. Step ke-7 ialah ketik perintah partition dan tekan ENTER.



8. Next, step8 gunakanlah perintah shrink, Sobat bisa langsung memberikan jumlah yang Sobat inginkan, contohnya shrink desired=6000 untuk menyusutkan 6GB. Seperti yang Saya lakukan 300GB menyusut menjadi 294GB.






9. Step terakhir yaitu ke 9. Partisi yang telah dibuat 6GB tadi tidak bisa dipakai terlebih dahulu karna masih unallocated, Sobat harus  memformat dulu agar bisa dipakai. caranya ialah Buka Disk Management dan buat "New Simple Volume".




itu tadi Sobat langkah langkah Membuat Partisi Hardisk Baru tanpa Software memnggunakan  DiskPart (CMD) semoga bermanfaat untuk Sobat.
semangatlah dalam belajar 
sampai jumpa  Sobat

1 comment: