Monday, January 14, 2019

Pengguna Ponsel Samsung Mengeluh Perihal Susahnya Hapus Aplikasi Facebook

Pengguna Ponsel Samsung Mengeluh Perihal Susahnya Hapus Aplikasi Facebook

Pengguna Ponsel Samsung Mengeluh Perihal Susahnya Hapus Aplikasi Facebook 


SobatPercaya-Hello Sobat come back with SobatPercaya, kali Saya akan memeberikan sedikit berita langsung saja Sobat simaklah berita berikut berita berikut ini.

Seorang pengguna  ponsel Samsung melaporkan bahwa dirinya mengalami kesulitan saat akan menghapus aplikasi Facebook bawaan dari  ponselnya tersebut. DIa mengatakan bahwa aplikasi facaebook tersebut tidak dapat di-uninstall dan hanya bisa dinonaktifkan.

Hal ini membuat Nick Winke yang bekerja  sebaga seorang  fotografer melakukan tindakan protes pada pihak Samsung. DIa memipunyai  sebuah ponsel Galaxy S8 yang ia beli pada 2017 yahun lalu dan terdapat aplikasi Facebook di dalamnya.

Sejak itu pula, Dia memakai  aplikasi facebook tersebut  untuk berbagi gambar dan terhubung dengan teman-teman lama. Namun Tetapi ketika memutuskan untuk menghapus aplikasi Facebook itu dari ponselnya, Dia tak dapat menemukan pilihan "hapus" dan hanya mendapati menu "disable" pada perangkat ponsel  miliknya tersebut.

Nick mengungkapkan dalam sebuah wawancara " "Ini benar-benar membuat saya bingung. Saya benar-benar ingin menghilangkan Facebook, akan tetapi tetap ada di ponsel saya, yang kemudian memunculkan lebih banyak pertanyaan-pertanyaan"

Meski terdapat menu "disable" yang berfungsi untuk menonaktifkan aplikasi tersebut, namun aplikasi tersebut tetap saja tidak dapat dihapus serta  memunculkan kekhawatiran terkait isu tentang keamanan data serta privasi.

"Apakah mereka masih melacak sebuah informasi, lokasi Anda atau apapun yang mereka lakukan? Kita sebagai Pengguna seharusnya dapat  menentukan apa saja yang kita inginkan dan yang tidak kita inginkan di dalam produk," lanjut Nick.

Para Pengguna  saat ini memang harus  lebih waspada terhadap isu privasi dan keamanan data tersebut. Apalagi beberapa bulan yang lalu Facebook sempat tersandung sebuah skandal kebocoran data yang melibatkan pihak ketiga.

Bukan hanya Nick saja, seorang pengguna lain juga mengutarakan hal yang sama. Balwinder Singh yang membeli ponsel Samsungnya beberapa bulan yang lalu mengatakan bahwa Dia sudah berusaha menghapus aplikasi Facebook tersebut sejak pertama kali ponsel itu dibeli.

Dia mengatakan "Facebook saya berisi penuh dengan hal-hal yang negatif, orang-orang menjadi gila di media sosial. Itu memengaruhi saya secara emosional serta mental,"

Samsung sendiri telah mengungkapkan bahwa salnya mereka memang menyediakan aplikasi Facebook yang sudah diinstal sebelumnya pada model-model ponsel  tertentu. Para Pengguna bisa menggunakan opsi nonaktif (disable) dan setelah dinonaktifkan, aplikasi tersebut tidak akan bisa lagi berjalan.

Jubir Facebook sendiri telah  mengatakan bahwa aplikasi yang berada dalam kondisi nonaktif (disable) tidak dapat mengumpulkan data-data para Pengguna. Status nonaktif itulah menurutnya sama saja seperti  kita menghapus aplikasi tersebut  dari ponsel.
  

Baca Juga : 5+ Aplikasi yang ditutup pada tahun 2018
"Ini benar-benar membingungkan saya. Saya benar-benar ingin menyingkirkan Facebook, tetapi tetap ada di ponsel saya, yang kemudian memunculkan lebih banyak pertanyaan,"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengguna Ponsel Samsung Keluhkan Susah Hapus Facebook", https://tekno.kompas.com/read/2019/01/10/14020077/pengguna-ponsel-samsung-keluhkan-susah-hapus-facebook.
Penulis : Yudha Pratomo
Editor : Reska K. Nistantookey

0 komentar:

Post a Comment