Monday, January 28, 2019

Pengertian Paragraf dan Jenis-Jenis Paragraf [Lengkap]


Pengertian Paragraf dan Jenis-Jenis Paragraf [Lengkap]

Pengertian Paragraf dan Jenis-Jenis Paragraf [Lengkap]



Paragraf-Hello Sobat come back witth SobatPercaya, bagaiman kabar kalian semoga baik-baik semua yaak...
kali ini Kita akan membahas apa sih Paragraf itu? mungkin Sobat sudah tahu Paragraf itu.. namun Kita akan ulas sedikit... langsung saja Sobat dibawah ini....

Pengertian Paragraf

Pengertian Paragraf dan Jenis-Jenis Paragraf [Lengkap]

Paragraf adalah  senuah  rangkain kalimat yang mempunyai  suatu gagasan atau topik utama. Dalam sebuah karya tulisan pasti Sobat sudah  tidak asing lagi dengan yang itu Paragraf. Namun dalam Paragraf sendiri telah  ada beberapa jenis atau letak gagasan utamanya serta tujuanya.


Jenis Menurut Letak Gagasan Utama dalam sebuah Paragraf





1. Paragraf Dedukit

Paragraf Deduki
Add caption


Pengertian Paragraf Deduktif adalah  sebuah gagasan pokok  yang berada pada kalimat pertama, dan kalimat-kalimat yang lainnya  menjadi kalimat pendukung dari kalimat pokoknya tersebut. Jenis Paragraf Deduktif ini mempunyai gagasan pokok atau pikiran utama yaitu dibagian awal pada rangkaian kalimat tersebut.




2. Paragraf Induktif

Paragraf Induktif

Pengertian  Paragraf  Induktif ini berkebalikan dengan yang Paragraf sebelumnya dimana yang sebelumnya gagasan utamanya berada di awal sedangkan untuk paragraf ini berada pada bagian akhir dari sebuah rangkaian kalimat. Fungsinya sendiri  dari paragraf Induktif ini adalah untuk menyimpulkan dari kalimat penjelas di kalimat yang sebelumnya.



3. Paragraf Campuran


3. Paragraf Campuran

Pengertian  Paragraf Campuran  berbeda lagi dari paragaf yang sebelumnya kita bahas Sobat. Paragraf campuran disini  adalah gabungan dari gabungan antara gagasan utama baik yang berada di awal ataupun di akhir pada rangkaian sebuah  kalimat.


Bagian awal dari sebuah kalimat biasanya berisi tentang inti/isi dari Paragraf tersebut, sementara untuk paragraf akhir untuk penekanan atau penjelas atau juga  sebagai penekan mengenai gagasan yang utama namun dengan kalimat yang berbeda tentunya Sobat.





Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuanya





Paragraf sendiri memiliki  tujuan yang berbeda-beda Sobat. Ada yang bertujuan ataupun yang bersifat memaparkan, mengajak, dan lain-lain. Dalam hal ini jenis Paragraf dibagi menjadi lima jenis bedasarkan tujuannya, Untuk lebih lengkapnya mari kita  ulas bersama Sobat  dibawah ini.




1.Paragraf Narasi

.Paragraf Narasi

Pengertian Paragraf  Narasi adalah  dimana paragraf yang satu ini memiliki  sifat menceritakan sebuah  kronologis dengan susunan kalimat yang runtut atau urut  sehingga dapat  memudahkan Pembaca memahami ataupun  membayangkan tentang maksud dari Paragraf tersebut. Jenis yang satu ini biasanya bisa Kita jumpai pada sebuah cerpen, novel

2. Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi

Jenis Paragraf yang satu ini adalah jenis yang isinya merupakan hasil dari  penjelasan dengan guna memaparkan sebuah fakta-fakta yang telah ada. Paragraf yang satu ini biasanya memparkan tentang sebuah hal-hal yang berbau-bau ilmiah dimana memiliki  tujuan memberikan sebuah  informasi yang sangat detail untuk Para  Pembacanya.


Paragraf Eksposisi ini memiliki ciri-ciri dengan mempunyai fakta yang telah  jelas dari sumber  berita maupun dari penilitian yang ada dan biasanya bisa Kita jumpai pada artikel-artikel tentang berita-berita.




3. Paragraf Argumentasi

 Paragraf Argumentasi


Pengertian Paragraf  Argumentasi adalah  memberikan pandangan kepada para Pembacanya, dimana dalam pendanganya si Penulis sendiri  biasanya tidak hanya menyediakan tentang sebuah  fakta-fakta saja namun juga memberikan pendapat-pendapatnya.


Dalam paragraf ini data hanyalah pelengkap dari opini si Penulis, maka akan sering Kita jumpai kesimpulan dari urutan kalimatnya dari SI Penulis atau bisa dikatakan  kesimpulanya berada pada Paragraf akhir.


4. Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi

Penegrtian Paragraf adalah  hampir sama dengan Paragraf Argumentasi yaitu berisi tentang sebuah pendapat-pendapat dari Si Penulis terhadap isu-isu tertentu. Namun yang menjadi pembeda adalah kalimat-kalimat yang ditulis cenderung mengandung kata himbauan ataupun sebuah  ajakan untuk Para Pembacanya.



5. Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi

Pengertian  Paragraf Deskripsi adalah yang  mempunyai tujuan agar Sang Pembaca bisa merasakan ataupun  membayangkang hal-hal yang telah dideskripsikan dengan jelas serta  nyata, dimana seolah-olah Si Pembaca bisa  melihat   jelas dan merasakan dengan jelas. Jadi kesimpulanya Paragraf Deskripsi adalah sebuah kalimat-kalimat yang mengambarkan sebuah objek dengan jelas.

Baca Juga: 7+ Contoh Teks Prosedur | Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri berserta dengan Kaidah Kebahasaanya

Okey Sobat Itu saja yang dapat SobatPercaya sampaikan semoga bermnfaat dan sampai jumpa...

0 komentar:

Post a Comment