Wednesday, November 14, 2018

7+ Contoh Teks Prosedur | Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri berserta dengan Kaidah Kebahasaanya

7+ Contoh Teks Prosedur | Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri berserta dengan  Kaidah Kebahasaanya 

Pengertian Teks Prosedur -Hallo Sobat berjumpa kembali dengan SobatPercaya. Bagaimana keadaan Sobat sekarang? sehat? saya harap sehat.

Kali ini SobatPensil akan mengulas matreri  Bahasa Indonesia SMK/SMA dulu yaitu mengenai Pengertian Teks Prosedur | Contoh, Struktur, Ciri-Ciri Lengkap dengan Kaidanya.  Mari kita ulas kembali materi tersebut dengan seksama. dan juga menambah wawasan untuk adik adik kita yang yang masih duduk dibangku sekolah. 

Langsung saja kita ulas bersama Sobat.....


Pengertian Teks Prosedur


Pengertian Teks Prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah-langkah/proses-proses secara panjang dan berjenjang bertujuan untuk  penjelasan atau keterangan. Langkah-langkah yang ada dalam Teks Prosedur sering kita jumpai  dengan sublangkah sehingga nampak sangat kompleks.


Struktur Teks Prosedur 


Struktur Teks Prosedur  dibagi  menjadi dua, ialah struktur teks prosedur sederhana dan teks prosedur kompleks. kalau Struktur teks prosedur sederhana memuat bagian-bagian yang menunjukan  tujuan, alat, bahan yang digunakan, dan langkah-langkah yang harus dilaksanakan. 

Struktur teks prosedur Sederhana terdiri atas  judul, pengantar yang menjelaskan tujuan teks prosedur, jumlah bahan yang diperlukan untuk melaksanakan  suatu prosedur, dan urutan langkah-langkah. 

Ada juga, bagian bahan dan alat tidak menjadi struktur utama dalam teks karena dua-duanya juga termasuk  dalam bagian langkah-langkah tersebut. Oleh karena itu, bagian bahan dan alat bersifat opsional dalam teks prosedur sederhana dan bagian utamanya ialah bagian tujuan dan langkah-langkah/prosesnya. 

Struktur teks prosedur Kompleks ditulis secara naratif sehingga yang serupa artikel. Strukturnya terdiri atas tujuan umum, langkah-langkah umum bagian awal, tujuan khusus, langkah-langkah khusus atau sublangkah, dan langkah-langkah akhir.





Ciri-Ciri Teks Prosedur



Ciri-Ciri Teks Prosedur-Adapun ciri ciri Teks Prosedur sebagai berikut:


  • Menggunakan pola kalimat yang imperatif atau kalimat perintah. 
  • Menggunakan kata kerja yang  aktif 
  • Menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk mengurutkan cara atau langkah langkahnya. 
  • Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan tata caranya, tempat dan waktu yang akurat dan teapat. 

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur



Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur-Sama hal nya teks teks lainnya, teks prosedur ini  memiliki kaidah kebahasaan tersendiri. Kaidah kebahasaan tersebut ialah sebagai berikut:

a. Konjungsi temporal
Pada teks prosedur akan sering temukan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan langkah  yang hadir dan berisifat kronologis contoh  selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu,setelah itu  dan  sesudah itu .

b. Kata kerja imperatif
Teks prosedur juga akan banyak jumpai  kaliamat imperatif atau kalimat perintah dan larangan yang harus dipatuhi dalam pelaksanaan teks prosedur sendiri.

c. Verba material dan tingkah laku
Verba Material ialah  sesuatu yang mengarah  pada tindakan fisik seperti cincang daging, goreng hinga matang dan lain sebagainya. verba tingkah laku  sendiri ialah merupakan tindakan yang dilakukan dengan diiring dengan  ungkapan.

d. Partisipan manusia
Ini merupakan semua manusia yang ikut andil  dalam teks prosedur tersebut.

e. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan urutan langkah
f. Terdapat kalimat introgatif atau  bisa disebut kalimat berisikan pertanyaan.
g. Terdapat kalimat deklaratif atau  bisa disebut kalimat berisikan pernyataan.


Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur-berikut Saya akan tunjukan beberapa contoh contoh teks prosedur    sederhana dan komplek:


Cara Menggosok Gigi





Tips ini sangat cocok untuk adik-adik sekalian yang baru belajar sikat gigi. Cara menggosok gigi sangatlah mudah dilakukan, karena adik-adik hanya harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:


  • Oleskan pasta gigi ke sikat gigi yang telah disiapkan.
  • Sebelum sikat digosokan ke dalam mulut, Sobat  harus berkumur-kumur terlebih dahulu.
  • Setelah usai, sikatkan sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi ke gigi Sobat.
  • Kumur-kumur kembali agar pasta gigi hingga rasa pasta gigi tidak terasa lagi di mulut.
  • Gigi Sobat pun sudah resmi disikat dengan sikat gigi.

 Cara Menyalakan Motor Matic



Jika Sobat  belum mengetahuhi  bagaimana cara menyalakan motor matic. Padahal, cara menyalakannya cenderung lebih  mudah dari pada  menyalakan motor bebek biasa. Jika Sobat  (pria/wanita) masih belum mengetahui menyalakan motor matic, berikut sejumlah langkah yang bisa Sobat coba:
  • Pertama Masukkan kunci motor pada lubang kunci yang sudah tersedia di motor matic Anda.
  • Yang kedua Pastikan bahwa posisi lubang kunci tengah dalam keadaan off.
  • Ketiga Tekan tombol start untuk menyalakan motor.
  • Terakhir Motor matic pun sudah bisa digunakan oleh Anda sekalian.

Cara Membuka Facebook



Jika Sobat baru memiliki akun Facebook, Sobat  pasti akan sedikit bingung bagaimana cara masuk ke akun media sosial buatan Mark Zuckerberg ini. Oleh karna  kami memberikan sejumlah tips bagaimana cara membuka jejaring sosial facebook ini yang diantaranya:
  • Pertama jika Sobat belum memiliki  akun Facebook, silakan daftar terlebih dahulu. Jika sudah, maka skip  saja langkah ini.
  • Kedua Masukkan surel (email) yang Sobat gunakan saat mendaftar Facebook tersebut.
  • Ketiga Masukkan password atau kata kunci yang Sobat buat sewaktu mendaftar.
  • Keempat Sobat pun sudah bisa masuk ke laman Facebook.

Cara Membuat Ikat Rambut



Ikat rambut biasanya digunakan oleh anak perempuan, baik untuk kucir maupun untuk bando. Ikat rambut dibuat bukan sekedar untuk mengikat, tetapi juga ada unsur hiasnya. Oleh karena itu, pembuatannya harus di lakukan dengan kreatif. Untuk membuat ikat rambut, caranya gampang sekali. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
Alat dan Bahan

1. Gunting dan pensil
2. Tali kur sesuai dengan kebutuhan
Langkah membuat :

1. Tali kur dipotong menjadi dua bagian. Tiap bagian dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali.
2. Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
3. Buatlah simpul datar
4. Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan simpul. Buatlah variasi agar simpu tidak monoton. Jika perlu, gunakan tambahan aksesoris lain.
5. Ikat rambut siap digunakan.



Cara Membuat Bakso




Bahan:

300 Gr Daging Sapi , 3 Sdm Tepung Kanji , 3 Buah Bawang Putih, Dihaluskan,1 Butir Telur(Putihnya Saja), 1 Sdt Baking Powder , 1 Sdt Garam Halus,1 Buah Maggi Blok, Merica Bubuk Secukupnya, Pala Bubuk Secukupnya, Air Secukupnya

Pembuatan:

1. Pertama aduk semua bahan di atas dengan blender sampai tercampur rata dan lembut, ulangi berkali-Kali
2. Kedua, setelah halus dan merata, bentuk menjadi bulatan-bulatan bakso dengan menggunakan 2 buah sendok kecil.
3. Ketiga, Siapkan air lalu masukkan satu-persatu Bulatan-bulatan Bakso yang sudah dibentuk,tunggu sampai masak.


CARA MEMBUAT PASPOR




Bagi Sobat yang sering melakukan perjalanan/ yang suka travelling antar negara, paspor tidak lagi asing karena dokumen ini adalah dokumen yang penting dan wajib  dimiliki oleh siapapun dalam perjalanan antar negara. 

Paspor sendiri ialah  dokumen resmi yang memuat identitas pemegang/pemilik yang merupakan warga suatu negara dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar  negara. Jika Sobat belum memiliki dokumen  paspor ini, maka pihak imigrasi tidak akan membolehkan Sobat  untuk keluar dari negara maupun masuk ke negara lain.

Biaya pembuatan paspor  sendiri tidak terlalu mahal, untuk paspor biasa 48 halaman, biaya pembuatannya adalah Rp 300.000 sedangkan e-paspor atau paspor elektronik dikenakan biaya Rp 600.000. 

Biaya-biaya tersebut diluar biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya. Selain paspor 48 halaman, terdapat juga paspor dengan 24 halaman yang biaya pembuatannya sebesar Rp 100.000. 
dan biasanya pasport juga memiliki Masa berlaku  biasanya  adalah lima tahun sejak tanggal paspor diterbitkan.

Berikut ini ialah langkah-langkahnya  dalam pembuatan paspor biasa.
  1. Persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, yaitu : (1)E-KTP asli dan fotokopi, (2)akta kelahiran/surat nikah/ijazah terakhir/surat baptis (pilih salah satu) dan fotokopi, (3)kartu keluarga asli dan fotokopi dan (4)materai. Seluruh fotokopi dokumen di fotokopi dalam kertas berukuran A4 tanpa dipotong, cukup dibiarkan saja dalam ukuran asli A4
  2. Datanglah ke kantor imigrasi setempat di pagi hari karena jumlah pemohon dibatasi setiap harinya. Terlebih lagi kuota walk-in yang sedikit. Lebih baik dapatkan antrian paspor terlebih dahulu menggunakan aplikasi antrian paspor maupun melalui whatsapp imigrasi
  3. Setelah sampai dan mendapatkan nomor antrian, isi formulir permohonan pembuatan paspor dengan sebenar-benarnya dan sesuai dengan data di dokumen resmi
  4. Serahkan formulir tersebut ke loket petugas lalu tunggu nomor antrian anda dipanggil untuk melakukan sesi wawancara, pengambilan sidiki jari dan foto
  5. Jika sudah selesai hingga melakukan pembayaran, anda akan mendapatkan tanda terima dan informasi kapan paspor selesai dibuat dan dapat diambil.

TEKS PROSEDUR PROTOKOL UPACARA



Untuk memperingati jasa para pahlawan siswa-siswi SD, SMP sampai SMA/SMK Se-derajat diwajibkan untuuk mengikuti Upacara Bendera yang biasa dia adakan setiap hari senin pagi, dan bahkan hari-hari Nasional. 
Para siswa juga diajarkan untuk memupuk semangat  nasionalisme, kedisiplinan dan rasa cinta kepada tanah air. 
Berikut Teks Prosedur Protocol pelaksanaan upacara bendera yang umum dilaksanakan.
  1. Masing-masing pemimpin barisan menyiapkan pasukan barisannya
  2. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara, peserta upacara lalu disiapkan oleh masing-masing pemimpin barisan
  3. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara yang dipimpin langsung oleh pemimpin barisan
  4. Laporan setiap pemimpin barisan kepada pemimpin upacara
  5. Pembina upacara memasuki lapangan upacara
  6. Penghormatan peserta upacara kepada pembina upacara akan dipimpin langsung oleh pemimpin upacara
  7. Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa kegiatan upacara siap dilaksanakan
  8. Pengibaran sang saka merah-putih yang diiringi lagu Indonesia Raya.
  9. Mengheningkan cipta yang dipimpin pembina upacara.
  10. Pembacaan teks Undang-Undang Dasar Tahun 1945 (dibacakan oleh petugas upacara)
  11. Pembacaan Ikrar Siswa (dibacakan oleh petugas upacara)
  12. Pembacaan teks Pancasila, yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta upacara (teks dibaca terlebih dulu oleh Pembina Upacara)
  13. Amanat Pembina Upacara, pasukan diistirahatkan
  14. Pembacaan doa
  15. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan
  16. Penghormatan kepada Pembina Upacara yang dipimpin oleh Pemimpin Upacara
  17. Pembina Upacara meninggalkan lapangan upacara
  18. Penghormatan kepada Pemimpin Upacara yang dipimpin oleh Pasukan Barisan
  19. Pengumuman-pengumuman
  20. Upacara selesai, barisan dibubarkan pemimpin upacara




okey Sobat mungkin itu saja dari SobatPercaya


semoga artikel ini bermnfaat sebagai tugas ataupun bisa menambah wawasan Sobat 

okey sekian dan semangtlah dalam belajar

0 komentar:

Post a Comment