Tuesday, December 25, 2018

4+ Manfaat Air Susu Ibu (ASI)


4+ Manfaat Air Susu Ibu (ASI)


Manfaat Air Susu Ibu Bagi Bayi - Heloo Sobat come back again with SobatPercaya. karna beberapa hari yang lalu adalah hari ibu, maka Sobatpensil akan membahas tentang ibu, yaitu ASI(Air Susu Ibu).
Bayi yang baru lahir ke dunia, adalah suatu hadiah terindah yang tidak bisa terbayangkan oleh setiap orang tua. oleh karna itu bayi adalah sebuah amanah dari Tuhan kepada keluarga kecil tersebut. maka dari itu, orang tua harus memberikan yang terbaik bagi bayinya, dianataranya adalah ASI.

Nah Menurut Para pakar kesehatan sendiri mendukung adanya pemberian ASI eksklusif. Mereka pun menyampaikan sangat banyak manfaat ASI bagi sang bayi, bahwasalnya ASI memberikan nutrisi yang sangat penuh dan meningkatkan kekebalan pada bayi serta keuntungan psikologi untuk kesehatan terhadap bayi.

Bahkan WHO (badan kesehatan dunia) dan Kementerian Kesehatan pun mengerakan ASI exclusive 6 bulan untuk sang bayi. karna betapa dasyatnya manfaat ASI itu dibanding susu formula.

Namun, kenyataannya belum ada yang begitu kenal dangan manfaat ASI ini, SobatPensil akan mengshare Manfaat ASI, langsung saj amari kit ulas bersama-sama.

1. Bayi cerdas sehat dan memiliki EQ yang baik
Jika tidak ada suatu masalah yang khusus, ASI semakin di minum akan semakin bertambah banyak, jadi tidak perlu merasa kuatir merasa kekurangan. ASI selalu mempunyai suhu standarnya, tingkat kesegaran yang sangat prima dan bebas bakteri, serta mudah dicerna.

ASI mengandung berbagai macam zat antibodi yang berasal dari ibu, memberi perlindungan terhadap berbagai macam sumber penyakit bagi bayi. Bayi yang minum ASI dengan bayi yang minum susu bubuk formula, lebih jarang terjangkit bermacam penyakit akut maupun penyakit kronis.

ASI juga bisa mengikuti pertumbuhan bayi dengan otomatis merubah komposisinya, untuk menyesuaikan kebutuhan setiap tahap masa pertumbuhan si bayi. ASI tidak mengandung jenis protein dari benda lainnya, bisa mengurangi kemungkinan yang mengakibatkan bayi terkena alergi.

ASI mengandung komposisi gizi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan otak si bayi, uji klinis telah membuktikannya bahwasalnya bayi yang dibesarkan dengan ASI, IQ-nya (Intellegencia Quotient) lebih tinggi. Melalui proses menyusui, pendekatan intim antara si bayi dan ibu, lebih mudah menumbuhkan EQ bayi dalam kepercayaan diri sendiri maupun orang lain. 

2. ASI kaya akan zat penting yang dibutuhkan bayi

Nah Sobat Bila dibandingkannya  ASI dengan produk susu kalengan atau formula untuk bayi, ASI tetap terunggul dan tak terkalahkan. Karna ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh si bayi seperti;AA, DHA, laktosa, omega 6, protein, taurin, vitamin A, latobosilus, zat besi, lisozim, kolostrum, laktoferin and lemak yang semuanya itu dalam takaran dan komposisi yang pas dan cukup  untuk  si bayi sendiri. maka dari itu  ASI lah yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan susu apapun.


3. Meringankan beban pengeluaran keluarga

ASI sendiri tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menhontrol gizi yang seimbang serta cukup, tidak perlu kuatir merasa kekurangan. Minum ASI bisa menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk membeli susu formula, keluarga juga tidak perlu beli botol susu serta alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga jarang sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan keluarga.



4. Merangsang tumbuh kembang sistem saraf

Beberapa bulan pertama kehidupan sering kita kenal dengan sebutan “periode emas” tumbuh kembang sang buah hati, mulai dari fisik, kognitif, samapai psikologis sang buah hati.

ASI ialah  makanan terbaik yang dapat menunjang semua hal itu karena mengandung berbagai nutrisi yang memang dibutuhkan bayi.

Semua nutrisi  akan menstimulasi perkembangan sistem saraf pada sibayi secara baik, bahkan hal ini tak hanya terjadi pada bayi yang lahir cukup bulan. Perkembangan saraf yang optimal juga bisa didapatkan si  bayi yang lahir prematur dengan cara pemberian ASI secara  eksklusif.

Nah Sobat itulah 4 Manfaat Air Susu Ibu (ASI), semoga artikel ini mmebatu Sobat yang barusan menikah dan menjadi orangtua. Ayok kita gerakan ASI exclusive 6 bulan untuk sang bayi dan teruslah hidup sehat Sobat. sekian dan terimah kasih Sobat

0 komentar:

Post a Comment