Wednesday, June 10, 2020

5 + Nama Pakaian Adat Jawa Timur

5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Yang Perlu Wajib Anda Tahu



SobatPercaya-Halo Sobat kembali lagi .. bersama SobatPercaya

kali ini Saya akan membahas beberapa pakaian adat yang ada di jawa timur ini loh...


Provinsi ujung timur pulau Jawa ini adalah wilayah yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah Indonesia. Sebagai wilayah yang memiliki kebudayaan yang khas serta melekat, perlu untuk kita bahas bersama.

 

Salah satu kebudaayan yang ada di provinsi Jawa Timur ini ialah pakaian adat Jawa Timur. Pakaian adat dari Jawa Tmur memang dipakai sebagai simbol keutuhan budaya Jawa Timur Sobat.

yuk kita simak bersama apa aja sih pakaian adat Jawa Timur ini...

Nama Pakaian Adat Jawa Timur dan Penjelasannya

 

Di pulau ujung timur jawa ini memiliki beberapa pakaian adat yang beragam.  Pakaian yang kami ulas dibawah ini sering kali kita temui saat acara pernikahan ataupun hari besar. Mempunyai model pakaian yang khas membuat pakaian adat Jawa Timur ini mudah sekali untuk dikenali. Oleh karena itu yuk ketahui apa saja pakaian adat khas Jawa Timur dibawah ini.

1. Baju manten


5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Yang Perlu Wajib Anda Tahu

 

Kata manten dalam bahasa jawa mempuyai arti yaitu pengantin. Maka dari itu baju ini adalah baju adat yang sering digunakan pada saat melangsungkan pernikahan. Model pakaian pria dan wanita yang dipakai mempunyai bahan yang sama yaitu dari bahan beledu yang mempunyai warna dasar hitam. Tetapi dengan seiringnya perkembangan zaman saat ini pakaian tersebut sudah mengalami beberapa perubahan.

 

Saat memakai baju ini yang dipadukan dengan jarik dan di tambahkan beberapa aksesori tambahan lainnya seperti sabuk emas, udeng, dan kain selempang pada pria. Lalu pada manten wanita menggunakan sanggul dan bunga melati. Aksesori tersebut membuat penampilan kedua mempelai makin terlihat cakep dan cantik.

2. Baju pesa'an

5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Yang Perlu Wajib Anda Tahu

 

Kalau pakaian pesa'an ini sudah tidak asing bagi Kalian Sobat. Karena baju ini dikenal sebagai baju khas adat dari pulau Garam Madura. Baju pesa'an digunakan oleh masyarakat madura untuk kegiatan sehari- hari ataupun saat acara upacara adat karena mempunyai motif yang sederhana sehingga mudah untuk dipakai.

 

Pakaian ini terdiri dari kaos yang memiliki corak garis warna merah dan putih, lalu celana kain hitam yang sangatlah longgar saat memakainya. Model baju dan celana longgar mengartikan bahwa jika orang Madura sangatlah menghargai kebebasan Sobat.

3. Kebaya rancongan


5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Yang Perlu Wajib Anda Tahu

 

Kebaya rancongan adalah pasangan dari baju pesa'an. Kebaya rancongan ini memiliki bentuk model yang sederhana serta mengikuti bentuk tubuh pengunnanya. Saat mengenakan baju kebaya ini bisa dipadukan dengan sarung batik yang mempunyai motif lasem, storjan atau tebiruan.

 

Ditambah lagi, jika wanita madura ini memakai kebaya tersebut bisa dipadukan dengan tambahan aksesori seperti giwang, sisir cucuk, ataupun kalung emas seperti biji jagung.

 

4. Baju Cak dan Ning


5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Yang Perlu Wajib Anda Tahu

Sama dengan halnya pada kota yang lainnya juga Sobat, Surabaya mempunyai kontes Cak dan Ning. Dalam kontes tersebut, para peserta memakai pakaian khas Surabaya. Baju pria atau cak meliputi beskap dan celana kain yang dilapisi dengan jarik. Saku yang ada pada baju cak tersebut disematkan tambahan aksesori kuku macan serta terdapat juga sapu tangan berwarna.

 

Selain itu pula baju ning atau wanita meliputi kebaya dan jarik ditambah pula dengan kerudung selendang yang mempunyai motif renda. Baju yang digunakan ning pun juga mengenakan aksesori tambahan seperti anting, gelang, dan selop. Walaupun mempunyai desain yang sederhana, pakaian cak dan ning ini memberikan kesan yang elegan pada peserta yang menggunakannya.

 

5. Odheng


5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Yang Perlu Wajib Anda Tahu

 

Topi yang sering digunakan oleh pria yang berada di Jawa Timur ini bernama odheng. Aksesoris kepala ini memiliki bentuk segitiga dan mempunyai bahan dasar dari kain batik. Odheng mempunyai 2 macam yakni odheng tapoghan dan odheng santapan.


Odheng tapoghan yang mempunyai motif bunga atau lidah api berwarna merah. Selain itu ada pula  odheng santapan mempunyai motif bernama telaga biru atau storjoan berwarna merah soga juga.


itulah guys 5 Pakaian Adat Jawa Timur mungkin bisa bermanfaat dan itu saja yang bisa SobatPercaya sampaikan

Sampai Jumpa

Lokasi: Surabaya, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment