Thursday, March 14, 2019

Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami DOWN sejak Kamis dini hari, Para Netizen HEBOH !!! dan Lapor

Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami DOWN sejak Kamis dini hari, Para Netizen HEBOH !!! dan Lapor 


SobatPercaya-Jejaring sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan sempat mengalami gangguan secara global. Para Pengguna pun  melaporkan hal tersebut, bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform ini untuk melakukan komunikasi.

Para pengguna telah mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim sebuah pesan menggunakan Messenger, memposting konten di Facebook, Instagram serta WhatsApp.

Bahkan menurut sejumlah Para pengguna, fitur-fitur utama seperti contonya  Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk mempublikasi konten baru juga tidak bisa digunakan.

Gangguan tersebut terjadi pada Kamis, (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 1 siang waktu AS.

Facebook dan Instagram error tersebut  masih terjadi serta dikeluhkan oleh  sejumlah para pengguna hingga berita ini post, Kamis pukul 9 pagi.

Melalui akun Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguannya tersebut, akan  tetapi mereka mengonfirmasi bahwa gangguan tersebut  bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

"Kami telah menyadari bahwa beberapa orang pada saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah tersebut secepat mungkin," tulis pihak Facebook.

"Kami terfokus untuk mengatasi masalah tersebut  dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut pihakl facebook.


https://twitter.com/instagram/status/1105956381998309376?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1105956381998309376&ref_url=https%3A%2F%2Ftekno.kompas.com%2Fread%2F2019%2F03%2F14%2F07291207%2Ffacebook-dan-instagram-down-pengguna-laporkan-error

Akun media sosial Instagram pun telah  menuliskan adanya masalah di layanan mereka dan berjanji akan mengatasinya secepat mungkin.

sejumlah para pengguna di beberapa negara melaporkan masih mengalami gangguan. Bahkan masalah tersebut  kemudian berdampak pada layanan lain yang terhubung dengan Facebook seperti hal nya Oculus VR.

Menurut halaman DownDetector, gangguan tersebut  dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang lalu kemudian merambah ke wilayah Eropa dan Australia. DownDetector mencatat bahwa wilayah Brazil lah yang  mengalami gangguan yang paling parah.

Indonesia terdampak


Khusus untuk layanan Instagram dan Facebook, Indonesia pun disinyalir terkena dampak dari masalah tersebut.


Masalah yang muncul adalah  hilangnya  tombol pada akun Instagram, tidak dapat  memposting Instagram Stories dan muncul tulisan "couldn't refresh feed".

Sementara untuk layanan Messenger dan WhatsApp,  para pengguna  melaporkan mendapatkan masalah saat mengirim foto atau mengirim sebuah dokumen di WhatsApp.

dan Saya sendiri merasakan hal tersebut ketika sharae artikel saya di akun jejaring sosial facebook.

Gangguan tersebut  sejatinya juga pernah terjadi pada 2017 tahun lalu. Ketika itu sejumlah Paara Pengguna melaporkan tidak bisa mengakses aplikasi dan tidak  dapat berkirim pesan satu sama lain. 

0 komentar:

Post a Comment