Friday, February 22, 2019

Cara Membuat Seblak Basah Kuah yang pedas dan enak


Cara Membuat Seblak Basah Kuah yang pedas dan enak



Cara Membuat Seblak Basah Kuah yang pedas dan enak


Cara Membuat Seblak-Memang Indonesia yang dikenal lantaran rempah dan masakannya yang pedas-pedas. lebih-lebih bila dibandingkan negara antara kita di daerah tropis ini,tetap hanya makanan khas Indonesia yang lebih kaya rasa dengan rasa pedasnya yang begitu nendang. Mungkin saingannya cuma negara Thailand yang populer dengan rasa asam pedasnya. Nah resep seblak basah kuah pedas ini bolehlah jadi tandingannya.


Generasi millennial memang serba kreatif pada menciptakan makanan yang baru, walaupun entah sampai kapan sebetulnya tentu bertahan. Mungkin generasi post-millennial yang tentu akan  jadi saksi apabila apa yang diciptakan generasiku sekarang ini tentu bertahan di kancah perkulineran Indonesia sampai puluhan tahun yang akan datang.


Beberapa tahun terakhir makanan serba pedas menjamur dimana-mana. pasti  Kamu sudah dong mencoba keripik pedas, makaroni pedas, cilok isi pedas, ataupun bakso beranak pedas? Tapi yang satu yang sangat mengejutkan, mungkin lantaran penampilannya yang yang unik  adalah seblak. terkenal dari  kota Bandung yang selalu saja inovatif, seblak dengan cepat  booming dan menyebar ke kota-kota sekitarnya.

Keunikan  dari seblak lainnya merupakan lantaran hadirnya kerupuk yang direbus terlebih dahulu. Seolah menggantikan peranan mie, kerupuk basah ini mempunyai tekstur kenyal dan ternyata menyatu dengan semua bahannya. Seblak pun masih mempunyai nilai gizi kok Sobat. menyimpan sosis, bakso, dan juga sayur serta telur di sana. Jadi ya Sobat  bisa dibilang masih ada perasaan tidak bersalahnya sih hehe.


Karena asalnya sendiri  bermuladari  kota Bandung maka Saya asumsikan apabila seblak ini cocok dinikmati saat Kamu sedang butuh yang  hangat-hangat. ataupun lebih-lebih saat merantau keluar negeri dan sedang musim dingin. Bahan-bahannya sekarang mudah kok didapatkan di bermacam toko kelontong Chinatowndan resep seblak basah kuah ini tentu menjadi lengkap.


Jangan lupa nih teman-teman. lantaran kuahnya paling pedas, hati-hati yah yang bagi Kamu yang bukan terbiasa. Cabainya dapat dikurangi lagi kok dan bahkan bisa dibuat tidak begitu  pedas apabila Kamu mau. kecuali Kamu bisa tambahkan  Kecap bagi menyeimbangkan. Sebetulnya seblak sendiri identik dengan rasa yang  pedas dan kuahnya yang panas, sehingga memang tujuannya bagi mencari seuhah apabila bunyi orang Sunda bilang – alias kepedesan!





Bahan utama

  • 100gram kerupuk merah mentah
  • 5buah bakso sapi, iris
  • 2buah sosis sapi, iris
  • 1butir telur 
  • 100gram sawi putih, iris
  • Kecap Manis (untuk penyeimbang)
  • Garam
  • Air
  • Minyak sayur

Bumbu halus

  • 1siung bawang putih 
  • 5buah bawang merah 
  • 8buah cabai rawit merah 
  • 1cm kencur

Bahan pelengkap

  • Bawang merah goreng
Daun bawang, iris







Cara Membuat


1. Cuci bersih kerupuk. Rebus air hingga mendidih, kemudian rendam kerupuk kurang lebih 15      menit.

2. Panaskan minyak dan wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan telur, bakso, sosis dan sawi putih. Aduk hingga sayuran sedikit layu.

3. Masukan kerupuk yang sudah direndam dengan air, tambahkan garam dan gula secukupnya.

4. Tambahkan air sedikit kemudian beri Kecap. Masak hingga air mengental.

5. Sajikan dengan ditaburi daun bawang dan bawang merah goreng.


Tuh mudah kan cara membuatnya, Sobat? Sekarang Kamu bisa traktir geng Kamu makan di rumah dengan bermangkuk-mangkuk seblak . Murah meriah dan pasti nagih pedasnya Sob!!







Okey itu saja mungkin yang SobatPercaya berikan Semoga Bermanfat dan Bye..


CARA MEMBUAT SEBLAK BASAH KUAH






0 komentar:

Post a Comment